Corona Melonjak, Hotel Mewah di Kamboja Diubah Jadi Rumah Sakit

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 16:24 WIB
A policeman (C) and people wear facemasks, used as a preventive measure against the COVID-19 novel coronavirus, at a market in Phnom Penh on March 17, 2020. (Photo by TANG CHHIN Sothy / AFP)
Ilustrasi (dok. AFP/TANG CHHIN SOTHY)
Phnom Penh -

Sebuah hotel mewah di Phnom Penh, Kamboja, diubah menjadi sebuah rumah sakit (RS) khusus pasien virus Corona (COVID-19) setelah terjadi kenaikan kasus infeksi di negara tersebut. Hotel mewah yang sudah tidak beroperasi itu diubah menjadi RS dengan 500 kamar.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (9/3/2021), hotel mewah bernama Great Duke Phnom Penh ini sudah tidak beroperasi selama dua tahun. Pada Senin (8/3) waktu setempat, hotel mewah itu selesai diubah menjadi RS khusus untuk merawat pasien Corona di tengah gelombang ketiga yang melanda Kamboja.

Perdana Menteri Hun Sen menugaskan Jenderal Hun Manet, putra tertuanya yang juga seorang panglima militer berpengaruh, untuk memimpin upaya mengubah hotel mewah itu menjadi rumah sakit sementara dalam waktu dua hari.

Properti itu saat ini dimiliki oleh seorang pengusaha China yang mengubah nama hotel itu setelah membelinya dari seorang taipan Kamboja. Tidak diketahui secara jelas mengapa hotel mewah itu ditutup.

Terletak di pusat kota Phnom Penh dan masih dalam kondisi baik, hotel ini terkenal pada tahun 2000-an. Saat itu, hotel ini populer bagi kalangan diplomatik asing, LSM dan kelompok-kelompok lain untuk menggelar konferensi atau rapat yang diselenggarakan pemerintah.

Otoritas Kamboja secara resmi mencatat 1.011 kasus Corona di wilayahnya, tanpa kematian sejauh ini. Pada Senin (8/3) waktu setempat, Kementerian Kesehatan Kamboja mengumumkan 24 kasus Corona dalam sehari.

Kementerian Kesehatan Kamboja dalam pernyataannya menyebut kasus-kasus baru muncul akibat wabah baru di tengah masyarakat setempat. Pelacakan kontak mengarah pada seorang warga negara asing yang melanggar karantina di sebuah hotel dan mendatangi kelab malam setempat pada awal Februari lalu.

Simak juga Video: Kamboja Dapat Pasokan Vaksin Covid-19 dari India

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2