Mahasiswa Internasional Lulusan Inggris Bisa Bekerja di Inggris Mulai Juli

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 15:40 WIB
Ilustrasi bendera Inggris
Foto: Ilustrasi (detikINET/Rachmatunnisa)
Jakarta -

Pemerintah Inggris membuka lapangan pekerjaan bagi para mahasiswa internasional yang sudah menyelesaikan gelarnya dari universitas-universitas di Inggris. Pendaftaran "Jalur Lulusan" baru ini akan dibuka pada 1 Juli 2021.

Lulusan Inggris dari berbagai negara dari jenjang S1, S2 hingga S3 dapat mengajukan aplikasi untuk tetap bisa berada di Inggris, dan bahkan bisa mengajukan aplikasi untuk kewarganegaraan Inggris.

Merespons hal itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste menyambut baik kabar tersebut.

"Sekarang Inggris tidak hanya menawarkan pendidikan yang hebat di beberapa Universitas terbaik di dunia, dengan ribuan siswa internasional di sana; Inggris juga menawarkan kesempatan kepada para generasi muda ini untuk memulai atau melanjutkan karir mereka di Inggris", kata Owen Jenkins dalam rilis pers Kedutaan Inggris di Jakarta.

Disebutkan Owen, ada sekitar 3.500 warga negara Indonesia yang belajar di Inggris setiap tahunnya. Setelah lulusan ini meraih gelar sarjana, magister atau doktoral, mahasiswa internasional dapat mengembangkan diri mereka dengan bekerja di beberapa sektor terkemuka di dunia, seperti IT, FinTech, Biomedis dan Ilmu Hayati, Teknik, Konsultasi, dan lainnya.

"Hal ini akan membangun kesempatan besar bagi hubungan Inggris dan Indonesia untuk berkembang secara luas terutama saat para WNI berbakat ini kembali ke Indonesia dan berbagi pengalaman kerja yang mereka dapatkan di Inggris", tukas Owen.

Sebelum mendaftarkan diri, lulusan Inggris harus menyelesaikan kursus yang memenuhi syarat di penyedia pendidikan tinggi Inggris, dengan rekam jejak kepatuhan dan persyaratan imigrasi pemerintah Inggris. Mahasiswa yang lolos dapat bekerja atau mencari pekerjaan di Inggris.

Peluncuran "Jalur Lulusan" ini adalah bagian dari langkah pemerintah Inggris untuk memberikan sistem imigrasi berbasis poin, yang akan menarik bakat dan memastikan bahwa pebisnis dapat merekrut orang-orang yang paling berkualitas dari seluruh dunia untuk mendorong perekonomian Inggris.

"Perubahan yang diumumkan hari ini akan memastikan bahwa setelah siswa internasional menerima kualifikasi tertinggi dari salah satu lembaga pendidikan terkemuka dunia, mereka dapat dengan mudah mengamankan status yang mereka butuhkan untuk terus tinggal, bekerja, dan memenuhi impian mereka di Inggris", ujar Menteri Perbatasan dan Imigrasi Kevin Foster.

Selanjutnya
Halaman
1 2