Round Up

Erdogan Kini Baikan dengan Macron Usai Sengit dalam Perselisihan

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 20:40 WIB
Erdogan, Macron dan kontroversi kartun Nabi Muhammad: Turki serukan boikot produk Prancis
Recep Tayyip Erdogan dan Emmanuel Macron berbicara via video call pada pekan ini, yang merupakan pertama kalinya sejak September tahun lalu (Foto: BBC World)

Sebelumnya isyarat normalisasi hubungan Turki dan Prancis sudah disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu. Cavusoglu mengatakan bahwa dirinya telah melakukan "percakapan telepon yang sangat konstruktif" dengan mitranya dari Prancis, Menteri Urusan Eropa dan Luar Negeri Jean-Yves Le Drian.

"Kami sepakat bahwa kami harus mengerjakan peta jalan untuk menormalisasi hubungan," kata Cavusoglu kepada wartawan setelah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Portugal, Augusto Santos Silva, di Lisbon, Kamis (7/1).

Pada pertemuan puncak bulan lalu, para pemimpin Uni Eropa memutuskan untuk menyusun daftar target Turki untuk sanksi sebagai tanggapan atas prospek gas Ankara di perairan Yunani dan Siprus. Dia menambahkan bahwa hubungan dengan 27 negara Uni Eropa secara keseluruhan akan mendapat manfaat dari "suasana yang lebih baik".

Halaman

(izt/nvc)