Citra Satelit Baru Ungkap Korut Sembunyikan Fasilitas Senjata Nuklir

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 10:30 WIB
New structure over tunnel entrance on February 11, 2021
Sebuah struktur baru (tengah atas) terlihat di Yongdoktong dalam citra satelit tertanggal 11 Februari 2021 (Maxar Technologies via CNN)

Dua mantan pejabat intelijen dan anggota Kongres AS menyatakan bahwa aktivitas pembangunan baru-baru ini di area tersebut jelas menarik perhatian badan-badan intelijen AS, yang secara hati-hati memantau lokasi-lokasi yang dicurigai menjadi bagian dari program senjata nuklir Korut.

Menurut beberapa sumber yang memahami diskusi internal soal Korut, para anggota Kongres AS dan sekutu-sekutu penting AS tengah menunggu informasi detail soal kebijakan Biden untuk Korut, yang diharapkan akan diumumkan beberapa pekan ke depan saat pemerintahan Biden menyelesaikan tinjauan kebijakan.

Bukti jelas bahwa program nuklir Korut terus berlanjut semakin menambah kegentingan situasi, dengan para pengkritik berargumen bahwa peninjauan kebijakan yang terlalu lama berisiko semakin memperumit pencapaian tujuan denuklirisasi.

"Tidak peduli seberapa komikal upayanya, Korea Utara terus meningkatkan fasilitas senjata nuklirnya dan melakukan upaya-upaya untuk menyembunyikannya," cetus Lewis, merujuk pada fakta bahwa intelijen AS telah mengawasinya selama bertahun-tahun.

Kantor Direktur Intelijen Nasional AS (ODNI) dan Pentagon menolak berkomentar dengan alasan ini masalah intelijen. Departemen Luar Negeri AS juga tidak memberikan tanggapannya soal citra satelit terbaru itu.

Halaman

(nvc/tor)