Citra Satelit Baru Ungkap Korut Sembunyikan Fasilitas Senjata Nuklir

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 10:30 WIB
New structure over tunnel entrance on February 11, 2021
Sebuah struktur baru (tengah atas) terlihat di Yongdoktong dalam citra satelit tertanggal 11 Februari 2021 (Maxar Technologies via CNN)
Pyongyang -

Citra satelit terbaru mengungkapkan bahwa Korea Utara (Korut) baru-baru ini mengambil langkah untuk menyembunyikan fasilitas, yang diyakini oleh intelijen Amerika Serikat (AS), digunakan untuk menyimpan senjata nuklir.

Seperti dilansir CNN, Rabu (3/3/2021), langkah Korut itu berpotensi semakin menambah kegentingan situasi yang menurut para pengkritik, memerlukan strategi jelas dari pemerintahan Presiden Joe Biden soal bagaimana berhadapan dengan pemimpin Korut, Kim Jong-Un, untuk ke depannya.

Citra satelit itu diambil oleh Maxar pada 11 Februari lalu dan telah dianalisis oleh para pakar dari Institut Middlebury.

Hasil analisis menyatakan bahwa citra satelit itu menunjukkan Korut membangun struktur bangunan baru di fasilitas nuklir Yongdoktong sepanjang tahun 2020. Para peneliti menilai upaya ini kemungkinan besar dimaksudkan untuk menyamarkan pintu masuk terowongan bawah tanah yang mengarah ke fasilitas di mana senjata nuklir Korut disimpan.

"Citra satelit yang dirilis Maxar menunjukkan sepasang pintu masuk terowongan hingga akhir Desember 2019 dan sebuah struktur mirip bangunan baru terlihat pada Februari 2021," sebut Jeffrey Lewis yang merupakan profesor pada Kajian Internasional Institut Middlebury, yang khusus menganalisis intelijen open-source.

Menurut seorang pejabat intelijen AS, yang enggan disebut namanya, kepada CNN, Yongdoktong sebelumnya diidentifikasi oleh intelijen AS sebagai fasilitas penyimpangan senjata nuklir Korut dan diyakini masih digunakan untuk tujuan itu.

Citra satelit yang diperoleh CNN menegaskan kembali apa yang telah diketahui secara luas di antara para pejabat dan pakar keamanan nasional selama bertahun-tahun: Korut terus secara aktif mengembangkan senjata nuklir di lokasi-lokasi di seluruh wilayahnya, sambil mengambil langkah lebih lanjut untuk menyembunyikannya.

Tunnel entrances seen on December 5, 2019.Citra satelit tertanggal 5 Desember 2019 belum menunjukkan keberadaan struktur baru di Yongdoktong Foto: Maxar Technologies via CNN

Simak juga 'Badan Intelijen Korsel Sebut Korut Coba Retas Server Pfizer':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2