3 Wanita Pekerja Media Tewas Ditembak di Afghanistan

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 09:44 WIB
Konvoi Wapres Afghanistan Diserang Bom Bunuh Diri
Ilustrasi (Foto: Associated Press)

Insiden terjadi ketika utusan khusus AS untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad, kembali ke Kabul untuk melakukan pertemuan dengan para pemimpin Afghanistan. Pertemuan itu bertujuan untuk menghidupkan kembali proses perdamaian yang 'lesu' karena batas waktu penarikan pasukan AS semakin dekat.

Kedatangan Khalilzad menandai pertama kalinya dia kembali ke Afghanistan sejak Presiden AS Joe Biden menjabat pada Januari lalu. Biden memintanya untuk tetap menjadi utusan khusus dari AS.

Sebelumnya, pemerintahan Donald Trump, yang ingin mengakhiri perang terpanjang itu, menugaskan diplomat veteran itu untuk bernegosiasi dengan Taliban. Pada 29 Februari 2020, negosiasi itu menghasilkan kesepakatan yang ditandatangani di Qatar.

Disebutkan dalam perjanjian, AS akan menarik semua pasukan dari Afghanistan pada Mei mendatang. Namun dengan syarat Taliban berjanji untuk tidak membiarkan wilayah tersebut digunakan oleh teroris - tujuan awal invasi AS setelah serangan 11 September 2001.

Masa depan pasukan AS di Afghanistan di bawah pemerintahan Biden belum jelas, lantaran Gedung Putih berencana untuk meninjau kembali kesepakatan penarikan yang ditengahi tahun lalu.

Beberapa pengamat memperingatkan penarikan pasukan AS dari negara itu dapat menimbulkan kekacauan yang lebih besar di Afghanistan.

Halaman

(izt/nvc)