International Updates

Trump Bakal Nyapres Lagi, Menteri Australia Dituduh Perkosa Gadis

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 17:52 WIB
House of Representatives (HOR) atau DPR AS mulai mempertimbangkan pemakzulan kedua Donald Trump. Ia secara resmi dituduh menghasut pemberontakan dan penyerbuan para pendukungnya di gedung parlemen, Capitol Hill, Rabu (6/1/2021) lalu.
Donald Trump (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, melempar isyarat soal pencalonan dirinya pada pemilihan presiden (pilpres) tahun 2024 mendatang dalam pidato besar pertamanya sejak mengakhiri jabatannya. Trump juga kembali membahas kecurangan pilpres dan mengkritik pemerintahan Presiden Joe Biden.

Seperti dilansir Politico dan Independent, Senin (1/3/2021), isyarat maju capres itu dilontarkan Trump saat berpidato dalam Konferensi Aksi Politik Konservatif (CPAC) di Orlando, Florida, pada Minggu (28/2) waktu setempat.

Trump bicara soal banyak hal dalam pidato pertamanya setelah meninggalkan Gedung Putih ini. Mulai dari mengkritik pemerintahan Biden, menyindir adanya 'peretasan politik yang mapan' dalam Partai Republik yang menaunginya dan kembali melontarkan klaim palsu soal dirinya menang pilpres AS 2020.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (1/3/2021):

- Arab Saudi Izinkan Boeing 737 MAX Kembali Beroperasi

Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA) Arab Saudi mengumumkan akan mengizinkan pesawat Boeing 737 MAX untuk beroperasi kembali di wilayah kerajaan itu. Pencabutan larangan itu dilakukan pada Minggu (28/2) waktu setempat.

Seperti dilansir Arab News, Senin (1/3/2021) GACA mengatakan penangguhan sementara dicabut setelah koordinasi erat dengan komunitas penerbangan sipil internasional. GACA telah berkomunikasi mengenai berbagai hal, seperti perubahan, perizinan dan pelatihan, untuk memastikan tingkat keselamatan tertinggi.

Sebelum mengambil keputusan, GACA sudah menyelesaikan peninjauan, mengambil tindakan yang diperlukan, dan menyelesaikan semua tes yang diperlukan oleh Otoritas Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA), Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA), dan otoritas penerbangan sipil lainnya di seluruh dunia.

- Suriah Cegat Rudal-rudal yang Ditembakkan Israel ke Damaskus

Pertahanan udara Suriah berhasil mencegat rudal-rudal Israel yang ditembakkan ke arah wilayah Damaskus pada Minggu (28/2) waktu setempat. Serangan itu dilakukan pada malam hari dari arah Dataran Tinggi Golan.

Seperti dilansir AFP, Senin (1/3/2021) sejak pecahnya perang saudara Suriah pada 2011, Israel kerap melancarkan serangan rudal ke Suriah, sebagian besar menargetkan pasukan Hizbullah Lebanon, Iran serta pasukan pemerintah Suriah.

"Pada 22:16 (waktu Suriah) Israel melakukan serangan udara dari arah Golan Suriah ke beberapa sasaran di daerah Damaskus," demikian disampaikan sebuah sumber kepada kantor berita pemerintah Suriah, SANA.

"Pertahanan udara kita berhasil mencegat rudal-rudal tersebut dan menjatuhkan sebagian besar dari mereka," tambah sumber itu.

- Misterius, 3 Nama Dihapus dari Laporan Intelijen AS Soal Khashoggi

Terungkap bahwa laporan intelijen Amerika Serikat (AS) soal pembunuhan wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, yang dirilis ke publik pada Jumat (26/2) lalu, sempat ditarik sebentar dari internet tanpa penjelasan dan diganti dengan versi lain yang menghapus tiga nama pria yang sebelumnya disebut terlibat.

Selanjutnya
Halaman
1 2