Bunuh Anak, Suami-Istri di Malaysia Dihukum Mati

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 17:32 WIB
Caucasian woman holding gavel
Ilustrasi (iStock)
Kuala Lumpur - Pasangan suami-istri di Malaysia dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung oleh pengadilan setelah dinyatakan bersalah atas pembunuhan putri keduanya sekitar lima tahun lalu.

Seperti dilaporkan kantor berita Bernama dan dilansir The Star, Senin (1/3/2021), hakim Zainal Azman Abd Aziz menjatuhkan vonis mati terhadap Anuar Yusof (55) dan istrinya, Murni Ahmad (40), setelah menyatakan pembelaan kedua terdakwa gagal menunjukkan keraguan yang wajar atas tuntutan jaksa.

Kedua terdakwa dinyatakan bersalah atas pembunuhan putri mereka yang bernama Siti Hajar (22). Murni merupakan ibu tiri korban, yang meninggal dunia tahun 2016 lalu.

Dalam putusannya, hakim Zainal menyatakan bahwa berdasarkan kondisi fisik korban, jelas terlihat bahwa dia ditelantarkan tanpa makanan yang cukup dalam waktu cukup lama, kesehatannya terabaikan dan dia dianiaya hingga hanya memiliki berat badan 18 kilogram.

Disebutkan hakim Zainal bahwa fakta-fakta tersebut -- pengabaian dan penganiayaan -- diungkapkan oleh dokter bedah dalam testimoninya dan tidak dibantah kedua terdakwa.

"Tidak mungkin tindakan mereka dilakukan dalam kurun waktu beberapa hari, malah korban mungkin menderita selama berbulan-bulan. Kedua terdakwa tentu mengetahui rasa sakit yang diderita korban namun tidak melakukan tindakan apapun atau memberikan pengobatan yang layak hingga dia meninggal," sebut hakim Zainal dalam putusannya.

Selain pasangan suami-istri ini, dua anak mereka lainnya, Siti Sarah Anuar (26) dan seorang anak laki-laki berusia 19 tahun -- saat insiden ini terjadi dia berusia 14 tahun -- juga menghadapi dakwaan yang sama. Namun pengadilan menggugurkan dakwaan untuk dua anak terdakwa dan menyatakan keduanya tidak bersalah.

Hakim Zainal menyebut Siti Sarah dan adik laki-lakinya juga ada di bawah pengasuhan pasangan itu, namun keduanya tidak bisa berbuat banyak karena mereka tunduk pada tindakan orang tua mereka.

Tonton juga Video: Polres Pinrang Gelar Rekonstruksi Ibu Bunuh Anak Tiri dengan Pulpen

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)