Tunangan Tuntut Hukuman untuk MBS Atas Pembunuhan Khashoggi

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 17:18 WIB
(FILES) In this file photograph taken on July 3, 2020, Hatice Cengiz, the fiancee of slain journalist Jamal Khashoggi, speaks to the press as she leaves the courthouse in Istanbul, after attending the trial of 20 Saudi suspects including two former aides to Crown Prince Mohammed bin Salman, accused of killing and dismembering her fiancee in 2018. - The Turkish fiancee of slain Saudi journalist Jamal Khashoggi said on March 1, 2021, that Saudi crown prince Mohammed bin Salman should be
Tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz (Foto: AFP/OZAN KOSE)
Istanbul -

Tunangan jurnalis kawakan Arab Saudi yang dibunuh, Jamal Khashoggi, Hatice Cengiz, menuntut Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) harus "dihukum tanpa penundaan" terkait kasus pembunuhan yang menimpa Kashoggi di Istanbul, Turki.

Seperti dilansir AFP, Senin (1/3/2021) Amerika Serikat mengeluarkan laporan intelijen pada Jumat (26/2) yang menyebutkan MBS telah menyetujui pembunuhan Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2018. Namun, otoritas AS tidak menerapkan sanksi kepada pemimpin de facto Saudi berusia 35 tahun itu.

"Sangat penting bahwa Putra Mahkota, yang memerintahkan pembunuhan brutal terhadap orang yang tidak bersalah, harus dihukum tanpa penundaan," kata tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz, dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun Twitter resminya dalam bahasa Inggris dan Arab.

"Ini tidak hanya akan membawa keadilan yang kami cari untuk Jamal, tapi juga bisa mencegah tindakan serupa terulang di masa depan," katanya.

Khashoggi yang seorang kolumnis media terkemuka AS, The Washington Post, ini dikenal kerap mengkritik kebijakan MBS. Ia dibunuh dan jasadnya dipotong-potong di konsulat Saudi di Istanbul setelah masuk ke dalam gedung konsulat untuk mengurus dokumen pernikahannya dengan Cengiz.

Cengiz mengatakan bahwa "setelah laporan ini, tidak ada lagi legitimasi politik untuk Putra Mahkota".

Namun, dia mengatakan laporan AS tidak cukup.

"Kebenaran - yang sudah diketahui - telah terungkap sekali lagi, dan sekarang sudah dikonfirmasi." imbuhnya.

Simak juga Video: Ditanya Hukuman untuk MBS, Biden: Akan Ada Pengumuman di Hari Senin

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2