Round-Up

Terulang Lagi Kasus Pria AS Tewas Usai Lehernya 'Ditindih' Polisi

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 21:10 WIB
Bom bunuh diri meledak di sekitar kantor kedutaan besar Amerika Serikat di Tunis, Tunisia. Akibatnya, seorang polisi tewas dan 6 orang lainnya luka-luka. Ledakan itu terjadi di distrik Berges du Lac pada Jumat (6/3) malam waktu setempat.
Ilustrasi Polisi (Foto: AP/Riadh Dridi)
California -

Kematian akibat kekerasan yang dilakukan polisi Amerika Serikat (AS) kembali terjadi. Kali ini seorang pria berusia 30 tahun asal California Utara, AS mengalami hal serupa.

Seperti dilansir CNN, Kamis (25/2/2021) pria bernama Angelo Quinto tewas beberapa hari setelah polisi menempatkan lututnya di leher pria itu selama nyaris 5 menit. Disebutkan tindakan polisi untuk menenangkan Quinto saat gangguan kesehatan mentalnya kambuh.

Tak terima dengan kematian Quinto, pihak keluarga mengajukan gugatan pada 18 Februari lalu, atas klaim kematian tidak wajar. Pengacara keluarga Quinto, John L Burris, mengungkapkan Quinto 'menderita gangguan kecemasan, depresi dan paranoia selama berbulan-bulan'.

Perlakuan polisi itu terjadi pada 23 Desember tahun lalu, saat Quinto sedang mengalami episode atau kambuh gangguan mentalnya di kediamannya. Karena khawatir Quinto akan melukai ibundanya, saudara perempuannya yang bernama Isabella Collins pun menghubungi polisi.

Ibu Quinto memeluk Quinto di dadanya dengan tangan melingkar di punggungnya selama beberapa menit sebelum polisi datang.

"Dia sudah mulai tenang," ujar Burris dalam pernyataannya.

Disebutkan Burris bahwa dua polisi yang tiba di kediaman keluarga ini di Antioch, California, tidak berusaha memahami situasi yang terjadi dan langsung menarik Quinto menjauh dari pelukan ibundanya. Dalam upaya mengamankan Quinto, polisi menempatkan lutut di leher pria itu selama nyaris 5 menit.

Quinto kemudian hilang kesadaran dan dilarikan ke rumah sakit setempat. Sekitar tiga hari kemudian, Quinto dinyatakan meninggal dunia.

Simak video 'Mirip Kasus George Floyd, Seorang Pemuda Tewas Ditekan Lutut Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2