4 Anggota Dewan Listrik Texas Mundur Usai Pemadaman Massal

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 13:58 WIB
Tire tracks and foot prints are seen in a snow covered neighborhood in Waco, Texas as severe winter weather conditions over the last few days has forced road closures and power outages over the state on February 17, 2021. - Millions of people were still without power on February 17 in Texas, the oil and gas capital of the United States, and facing water shortages as an unusual winter storm pummeled the southeastern part of country.
The National Weather Service (NWS) issued a winter storm warning for a swathe of the country ranging from east Texas to the East Coast state of Maryland. (Photo by Matthew Busch / AFP)
Ilustrasi (Foto: AFP/MATTHEW BUSCH)
Washington -

Empat anggota dewan operator jaringan listrik Texas, Amerika Serikat, Electric Reliability Council of Texas (ERCOT) mengumumkan pengunduran diri mereka pada Selasa (23/2) waktu setempat. Pengunduran diri dilakukan setelah jutaan penduduk negara bagian itu dibiarkan tanpa listrik selama berhari-hari saat cuaca dingin ekstrem melanda Texas.

Seperti dilansir AFP, Rabu (24/2/2021) empat orang yang mengundurkan diri secara efektif pada Rabu (24/2) ini antara lain, Kepala Dewan ERCOT, Sally Talberg, Wakil ketua Peter Cramton, ketua Komite Keuangan dan Audit Terry Bulger dan kepala komite Sumber Daya Manusia dan Tata Kelola Raymond Hepper. Mereka diketahui tinggal di luar negara bagian Texas.

"Kami mencatat kekhawatiran baru-baru ini tentang kepemimpinan dewan di ERCOT yang tinggal di luar negara bagian. Untuk memungkinkan para pemimpin negara bagian bebas dengan arahan masa depan dan untuk menghilangkan gangguan, kami mengundurkan diri dari dewan efektif setelah rapat telekonferensi dewan pada Rabu 24 Februari 2021," demikian isi surat keempat pejabat kepada dewan.

Awal pekan lalu, Texas sangat terpukul akibat cuaca dingin ekstrem yang melumpuhkan negara bagian selatan dan tengah Amerika Serikat. Kondisi itu menyebabkan lebih dari 70 nyawa meninggal dunia. Jutaan warga Texas hidup tanpa aliran listrik dan saluran air.

ERCOT, yang mengoperasikan sebagian besar jaringan listrik negara bagian Texas, meremehkan lonjakan permintaan yang disebabkan oleh cuaca yang sangat dingin. Pihaknya melakukan pemadaman untuk mencegah kondisi tak terkendali.

Gubernur negara bagian Greg Abbott mengeluarkan pernyataan terkait pengunduran diri anggota ERCOT dan mengatakan kelompok itu "gagal melakukan tugasnya."

"Pimpinan ERCOT menjamin bahwa infrastruktur listrik Texas telah disiapkan untuk badai musim dingin, tetapi jaminan tersebut terbukti sangat salah," katanya dalam sebuah pernyataan yang diposting ke Twitter.

"Kurangnya kesiapan dan transparansi di ERCOT tidak dapat diterima, dan saya menyambut baik pengunduran diri ini," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2