Pembunuh Pakai Jet Pribadi yang Disita MBS, Ini Kata Tunangan Khashoggi

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 13:51 WIB
Tunangan Jamal Khashoggi, Hatice Cengiz, menerbitkan buku mengenang sang jurnalis asal Arab Saudi. Peluncuran buku itu diselenggarakan di Turki.
Hatice Cengiz, tunangan almarhum Jamal Khashoggi (dok. Murad Sezer/Reuters)
Washington DC -

Tunangan Jamal Khashoggi, wartawan Arab Saudi yang dibunuh tahun 2018 lalu, mengomentari laporan terbaru yang mengungkap bahwa para pembunuh Khashoggi kabur dengan dua jet pribadi yang disita Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman atau MBS.

Seperti dilansir CNN, Kamis (25/2/2021), Faisal Gill, pengacara yang mewakili Hatice Cengiz, tunangan Khashoggi, dan mewakili organisasi nonprofit yang menggugat MBS dan belasan tergugat lainnya, menyebut kliennya 'terkejut' saat mengetahui bahwa kendali MBS atas Sky Prime Aviation -- yang memiliki dua jet pribadi yang dipakai pembunuh Khashoggi -- telah terungkap ke publik.

Gill juga menyebut hal itu telah membuktikan keterkaitan langsung antara MBS dengan pembunuhan Khashoggi.

"Setiap bukti pada dasarnya mengaitkan MBS dan yang lain, terutama secara langsung, yang kita yakini memang demikian, sangatlah penting," sebutnya.

"(MBS) Ingin menggunakan perusahaan yang dia kendalikan, dalam badan yang benar-benar dia kendalikan dengan harapan tidak akan terbongkar keluar," cetus Gill.

"Bagi saya, itu bukan hanya hubungan langsung dengan dia membunuh Jamal tapi juga hubungan langsung dari dia yang berupaya menutupinya dengan menggunakan sebuah perusahaan penerbangan yang sepenuhnya dia kendalikan," imbuhnya.

Sebelumnya dilaporkan bahwa kepemilikan dua jet pribadi yang digunakan para pembunuh Khashoggi terungkap dalam dokumen pengadilan yang diajukan terkait gugatan hukum ke pengadilan Kanada pada awal tahun ini. Dokumen itu dilabeli 'Top Secret' dan ditandatangani oleh seorang Menteri Saudi yang meneruskan perintah MBS sebagai pemimpin de-facto Saudi.

Lihat juga Video: Jejak Pembunuhan Khashoggi di Kantor Konsulat Saudi di Turki

[Gambas:Video 20detik]