Israel Berikan Vaksin Tak Terpakai ke Palestina dan Negara Lain

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 10:21 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
ilustrasi (Foto: iStock)

Sebelumnya, kelompok Hak Asasi Manusia (HAM) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut Israel memiliki kewajiban di bawah hukum internasional untuk memvaksinasi semua warga Palestina yang tinggal di bawah pendudukan di Tepi Barat dan mereka yang berada di Gaza, di mana Israel mempertahankan blokade ketat di wilayah yang dikendalikan oleh kelompok Hamas tersebut.

Israel telah mengirimkan beberapa ribu dosis vaksin Corona ke Tepi Barat untuk memvaksin para pekerja medis Palestina. Meski begitu, pihaknya tidak menyebut berapa banyak dosis tambahan yang akan dikirim.

Sementara banyak negara berjuang dengan pasokan vaksin, Israel terhindar dari kekurangan pasokan sejak meluncurkan inokulasi pada bulan Desember 2020.

Negara Yahudi itu telah memberikan dua dosis vaksin Pfizer/BioNTech kepada lebih dari tiga juta orang, kira-kira sepertiga dari populasinya. Keberhasilan Israel sebagian besar berkat kesepakatan dengan Pfizer, yang setuju memberikan vaksin dengan menukar data tentang dampak vaksin.

Halaman

(izt/ita)