Israel Berikan Vaksin Tak Terpakai ke Palestina dan Negara Lain

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 10:21 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
ilustrasi (Foto: iStock)
Yerusalem -

Israel mengirimkan pasokan terbatas vaksin Corona yang 'tak terpakai' ke Palestina dan beberapa negara lainnya. Di antaranya adalah ke Honduras dan Republik Ceko, yang telah mengumumkan rencana untuk membuka kantor diplomatik mereka di Yerusalem.

Seperti dilansir AFP, Rabu (24/2/2021), menurut laporan media Israel, Honduras, yang tahun lalu akan memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem, termasuk dalam daftar penerima vaksin itu.

Selain itu, Republik Ceko, yang berencana membuka kantor diplomatik di Yerusalem bulan depan, mengatakan telah menerima 5.000 dosis vaksin Moderna dari negara Yahudi tersebut.

"Ini adalah hadiah dari Israel untuk Republik Ceko," kata Kepala Kantor Perdana Menteri Ceko Andrej Babis, Tunde Bartha.

Dalam pernyataan yang disampaikan dari kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, disebutkan bahwa Israel menerima banyak permintaan dari negara-negara untuk membantu pasokan vaksin.

Dalam pernyataannya itu, Israel mengatakan belum bisa memperkirakan tawaran bantuan "signifikan" sampai inokulasinya sendiri telah selesai.

"Namun demikian, selama sebulan terakhir, vaksin terbatas yang tidak terpakai telah terkumpul. Oleh karenanya, Israel memutuskan untuk membantu tim medis Otoritas Palestina dan beberapa negara yang menghubungi Israel dengan memberikan jumlah vaksin secara simbolis," tambah pernyataan itu.

Juru bicara Netanyahu menolak berkomentar tentang daftar negara mana saja yang termasuk dalam pemberian vaksin dan jumlah dosis yang akan dikirimkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2