Round Up

Kesempatan Terbuka bagi Wanita Arab Saudi untuk Jadi Tentara

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 20:31 WIB
A handout picture released by the Saudi Royal Palace shows Saudi Air Force officers standing at attention in front of an advanced F-15SA fighter jet during a ceremony. (Photos by AFP)
Ilustrasi (Foto: AFP)
Riyadh -

Arab Saudi kembali melakukan reformasi dengan melibatkan para perempuan di berbagai bidang setelah sebelumnya gerak-gerik mereka dibatasi. Kali ini pemerintah kerajaan itu mengumumkan dibukanya lowongan tentara perempuan.

Seperti dilansir Al-Arabiya, Senin (22/2/2021) Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Arab Saudi mengumumkan bahwa kaum perempuan dan pria di negara itu sekarang dapat melamar posisi di sektor militer melalui portal penerimaan terpadu mereka.

Para perempuan diizinkan mendaftar di berbagai pos penempatan, seperti di Angkatan Darat, Pertahanan Udara Kerajaan Saudi, Angkatan Laut Kerajaan Saudi, Pasukan Rudal Strategis Kerajaan Saudi, dan Layanan Medis Angkatan Bersenjata.

Wanita dengan syarat harus memegang kewarganegaraan Arab Saudi itu bisa menempati berbagai posisi yang ditawarkan, seperti tentara, kopral, sersan, dan staf sersan.

Kebijakan penerimaan tentara wanita di lingkungan kerajaan Saudi ini berada di bawah inisiatif Visi 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Visi itu membawa reformasi untuk memajukan wanita Arab Saudi di berbagai bidang.

Untuk bergabung dengan angkatan bersenjata, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yakni wanita harus berusia antara 21-40 tahun, memiliki tinggi 155 cm atau lebih, dan tidak boleh menjadi pegawai pemerintah.

Seorang wanita Arab Saudi juga harus memiliki kartu identitas nasional independen, setidaknya memiliki pendidikan sekolah menengah, dan tidak boleh menikah dengan warga negara non-Arab Saudi.

Sementara itu, untuk pria warga negara Saudi yang ingin bergabung dengan angkatan bersenjata, mereka harus berusia antara 17-40 tahun, dan memiliki tinggi minimal 160 sentimeter.

Selanjutnya
Halaman
1 2