ADVERTISEMENT

Pangkalan Udara di Irak Diserbu Roket Usai Sempat Bentrok dengan ISIS

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 10:45 WIB
Rockets are launched from Gaza Strip to Israel, Tuesday, Nov. 12, 2019. Israel killed a senior Islamic Jihad commander in Gaza early Tuesday in a resumption of pinpointed targeting that threatens a fierce round of cross-border violence with Palestinian militants. (AP Photo/Hatem Moussa)
Ilustrasi (Foto: AP Photo/Hatem Moussa)
Tarmiyah -

Empat roket menghantam pangkalan udara Al-Balad, di Utara Ibukota Irak pada Sabtu (20/2). Militer Irak mengatakan seorang kontraktor sipil yang merawat pesawat F-16 terluka akibat serangan itu.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Minggu (21/2/2021) serangan itu terjadi beberapa jam setelah pasukan keamanan Irak menyerbu tempat persembunyian ISIS di dataran Tarmiyah. Lima anggota ISIS dan dua pendukung pro-pemerintah tewas.

Diketahui Al-Balad berada sekitar 60 kilometer (40 mil) di utara Tarmiyah.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. Serangan ini adalah yang kedua dengan menargetkan pangkalan militer yang menampung pasukan atau kontraktor yang bekerja untuk AS dalam waktu kurang dari seminggu.

F-16 di pangkalan udara Al-Balad mendukung operasi Tarmiyah yang sedang berlangsung terhadap ISIS.

Sumber militer setempat mengatakan kepada AFP bahwa roket jenis Katyusha ditembakkan ke Al-Balad.

"Salah satu roket menghantam pangkalan yang menampung karyawan Sallyport, kontraktor AS yang bertugas memelihara pesawat F-16, yang dibeli dari AS beberapa tahun lalu, kata sumber keamanan.

"Seorang kontraktor Irak menderita luka ringan," kata salah satu sumber.

Roket lain menghantam landasan pesawat, meski tak menganggu layanan pendaratan pesawat, sementara roket ketiga menghantam hutan di dekatnya.

Simak video 'Tentara AS di Irak Diserang Roket':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT