ADVERTISEMENT

PBB Kecam Serangan Roket ke Pangkalan Militer AS di Irak

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 12:31 WIB
Foto ilustrasi: Bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN). (Dok UN)
Bendera PBB (Dok UN)
Arbil -

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan bahwa ketegangan di Irak dapat meningkat setelah serangan roket menewaskan seorang kontraktor untuk militer Amerika Serikat dan melukai sedikitnya 14 orang lainnya di ibu kota wilayah Kurdi, Erbil.

Seperti dilansir AFP, Rabu (17/2/2021), serangan itu menjadi serangan pertama dalam hampir dua bulan yang menargetkan instalasi militer atau diplomatik Barat di Irak.

"Tindakan keji dan sembrono seperti itu menimbulkan ancaman besar bagi stabilitas," kata perwakilan tertinggi PBB di Irak, Jeanine Hennis-Plasschaert di Twitter.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, sebelumnya mengatakan dia "marah" dan menjanjikan AS akan meminta pertanggungjawaban atas serangan itu.

Sementara Perdana Menteri Irak, Mustafa al-Kadhemi, mengatakan bahwa "aksi teroris yang menargetkan wilayah Kurdistan bertujuan untuk menciptakan kekacauan" dan berjanji untuk menjaga Irak agar tidak menjadi "halaman belakang" di mana konflik regional berlangsung.

Rentetan roket berukuran 107 mm - kaliber yang sama yang digunakan dalam serangan baru-baru ini di Baghdad - ditembakkan dari sekitar delapan kilometer (lima mil) barat Erbil. Serangan itu tampaknya ditujukan ke kompleks militer di dalam bandara Erbil yang menampung koalisi pimpinan AS, yang membantu Irak memerangi jihadis sejak 2014.

Namun serangan itu menyerang seluruh barat laut kota itu, termasuk di distrik pemukiman di mana mereka melukai lima warga sipil, kata Direktorat Kesehatan Erbil kepada AFP.

Juru bicara koalisi, Wayne Marotto, mengatakan tiga roket menghantam bandara Erbil dan menewaskan seorang kontraktor sipil, yang menurutnya bukan warga negara Irak atau AS. Sembilan orang lainnya terluka, termasuk delapan kontraktor sipil dan satu tentara AS.

Simak Video: Tentara AS di Irak Diserang Roket

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT