International Updates

Media Asing Sorot Banjir Jakarta, Serangan Rusia Tewaskan 21 ISIS

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 17:43 WIB
Banjir di tol jorr TB Simatupang, tepatnya di KM 25,200 atau di perempatan Trakindo, Sabtu (20/2/2021).
Banjir di tol JORR TB. Simatupang (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya hari ini tak luput dari perhatian dunia. Sejumlah media asing turut memberitakan banjir tahunan itu.

Media yang berbasis di Singapura, Channel News Asia memberitakan banjir hari ini dalam artikel berjudul "Jakarta slammed by monsoon floods, more than 1,000 forced to evacuate".

"Banjir parah di beberapa daerah di ibu kota Indonesia memaksa lebih dari seribu orang meninggalkan rumah mereka pada Sabtu (20 Februari), dengan badan meteorologi negara memperingatkan bahwa kondisi tersebut akan berlanjut hingga minggu depan," demikian Channel News Asia mengawali artikelnya hari ini, Sabtu (20/2/2021).

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (20/2/2021):

- Perdana Menteri Thailand Lolos dari Mosi Tidak Percaya

Perdana Menteri (PM) Thailand Prayut Chan-o-cha lolos dari mosi tidak percaya di parlemen pada Sabtu (20/2) , di tengah tuduhan bahwa pemerintahnya salah mengelola ekonomi, ceroboh dalam penyediaan vaksin COVID-19, melakukan pelanggaran hak asasi manusia, dan mendorong korupsi.

Sembilan menteri lainnya juga lolos dari mosi tidak percaya. Ini menandai sudah dua kali mosi tidak percaya yang dihadapi pemerintah Prayuth sejak menjabat pada Juli 2019 silam. Pada Februari tahun 2020 lalu, Prayut dan lima menteri kabinet juga dengan mudah mengalahkan mosi tidak percaya di majelis rendah parlemen.

Dalam mosi terbaru seperti dilansir Associated Press, Sabtu (20/2/2021), pemerintah Prayut juga dikritik karena menyalahgunakan kekuasaannya untuk mempromosikan pejabat polisi dan untuk membentuk unit siber untuk menyerang kritik pemerintah di media sosial, di antara keluhan-keluhan lainnya.

- Israel Akan Vaksinasi Corona 100 Ribu Pekerja Palestina

Otoritas Palestina mengatakan bahwa Israel telah setuju untuk memberikan vaksin Corona pada sekitar 100.000 pekerja Palestina yang bekerja di negara Yahudi itu.

Sebuah pernyataan dari Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan kesepakatan itu tercapai "selama pertemuan yang membahas pandemi virus Corona", tanpa mengatakan kapan vaksinasi akan dilakukan.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (20/2/2021), Kementerian Kesehatan Palestina menyatakan bahwa kedua belah pihak juga menyetujui "kerja sama teknis" untuk memerangi penyebaran virus.

Baik Kementerian Kesehatan Israel maupun COGAT, unit militer yang mengoordinasikan urusan sipil dengan Palestina, belum mengonfirmasi kepada AFP mengenai kesepakatan vaksinasi tersebut.

- Menkes Argentina Mundur Gegara Teman-temannya Divaksin Sebelum Giliran

Menteri Kesehatan (Menkes) Argentina mengundurkan diri setelah diketahui bahwa teman-temannya bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19 sebelum giliran.

Menkes Gines Gonzalez Garci mengundurkan diri pada Jumat (19/2) malam waktu setempat setelah Presiden Alberto Fernandez memintanya untuk berhenti setelah skandal itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2