Round Up

Kala China Tuding AS Harusnya Jadi Fokus Pelacakan Asal-usul Corona

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 21:02 WIB
Tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mulai menyelidiki asal-usul COVID-19 di China. Mereka menyisir laboratorium, pasar, dan rumah sakit di Wuhan.
Tim Pakar WHO saat selidiki asal-usul COVID-19 (Foto: AP Photo)
Beijing -

Otoritas China menyebut Amerika Serikat seharusnya menjadi fokus selanjutnya untuk penyelidikan asal-usul Corona dari tim pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal itu disampaikan China setelah penyelidikan WHO akan selesai pada bulan ini.

Seperti dilansir CNN, Jumat (19/2/2021) kepala pakar epidemiologi pada Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) China, Zeng Guang, menyebut AS sekarang harus menjadi 'fokus' upaya global dalam menyelidiki asal-usul virus mematikan itu.

"(Kami berharap) Mengikuti teladan China, pihak AS akan bertindak secara positif, berbasis sains dan kooperatif dalam masalah penelusuran asal-usul, (dan) mengundang pakar WHO untuk kajian penelusuran asal-usul," cetus juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, dalam pernyataannya pekan lalu.

Dalam salah satu teori konspirasi soal asal-usul Corona, virus itu muncul -- baik disengaja atau tidak disengaja -- dari sebuah laboratorium di Wuhan yang fokus meneliti patogen mematikan. Namun teori itu terbantahkan setelah Tim pakar WHO melakukan penyelidikan.

"Temuan kami menunjukkan bahwa hipotesis insiden laboratorium sangat tidak mungkin untuk menjelaskan kemunculan virus di tengah populasi manusia, dan itu bukanlah hipotesis yang bisa digunakan untuk kajian mendatang dalam pekerjaan kami, untuk mendukung pekerjaan di masa depan, untuk memahami asal-usul virus," jelas anggota tim pakar WHO, Peter Ben Embarek, dalam konferensi pers mengumumkan hasil temuan mereka sebelum meninggalkan China.

Pada saat bersamaan, Zeng dari CDC China mengajukan hipotesis yang sama tapi bukan soal laboratorium Wuhan, melainkan soal Fort Detrick yang merupakan laboratorium penelitian biomedis militer AS yang berlokasi di Maryland. Tidak ada bukti untuk mendukung teori ini.

"Saya mengatakan bahwa Amerika Serikat adalah fokus pelacakan (asal-usul Corona) karena Amerika Serikat melibatkan banyak isu, tidak hanya soal pelacakan virus Corona baru," sebut Zeng kepada sebuah situs berita lokal berbasis di Shanghai.

Wawancara itu mengaitkan Fort Detrick dan Institut Penelitian Medis soal Penyakit Menular pada Militer AS (USAMRIID) dengan penelitian yang dilakukan oleh Unit 731 dari Tentara Kekaisaran Jepang selama Perang Dunia II.

Simak video 'Respons Tim WHO soal Virus Corona Diimpor ke China Lewat Frozen Food':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2