Yerusalem Dilanda Hujan Salju Pertama dalam 6 Tahun

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 10:05 WIB
A Palestinian man walks as snow falls at the Dome of the Rock Mosque in Jerusalems al-Aqsa mosque compound, on February 17, 2021. (Photo by Ahmad GHARABLI / AFP)
Hujan salju di Dome of the Rock yang ada di dalam kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem (AFP/AHMAD GHARABLI)
Yerusalem -

Warga Yerusalem terbangun melihat hamparan salju menyelimuti kota mereka pada Kamis (18/2) waktu setempat. Hujan salju di wilayah Yerusalem ini tercatat sebagai yang pertama dalam enam tahun terakhir.

Seperti dilansir media lokal Israel, Haaretz, Jumat (19/2/2021), hujan salju dilaporkan mulai turun di Yerusalem sejak Rabu (17/2) sore waktu setempat, dan mencapai ketebalan 7-10 cm pada malam hari.

Badan Meteorologi Israel (IMS), seperti dilansir The Times of Israel, sebelumnya merilis peringatan soal hujan salju ini. "Hujan disertai badai petir diperkirakan melanda Negev bagian utara. Salju diperkirakan turun di area pegunungan utara dan tengah, termasuk Yerusalem," demikian pernyataan IMS.

Menurut IMS, suhu udara di Yerusalem merosot ke 0 derajat Celsius sepanjang malam dan lebih banyak salju berakumulasi pada keesokan pagi. Beberapa area diperkirakan melihat timbunan salju setebal 5-10 cm. Alat pembersih salju dan garam disiapkan untuk membersihkan jalanan dari timbunan salju.

Akibat cuaca dingin yang tidak biasa ini, aktivitas sekolah diundur dengan kegiatan belajar-mengajar baru dimulai pukul 09.00 waktu setempat.

Ruas jalan Route 1 di Yerusalem ditutup untuk kedua arah semalaman dan baru dibuka pada Kamis (18/2) pagi waktu setempat. Layanan kereta api juga sempat terhenti akibat salju, sebelum dilanjutkan pada pagi harinya. Hal serupa juga dialami layanan transportasi umum lainnya di Yerusalem.

Hujan salju terus mengguyur pada Rabu (17/2) malam di Dataran Tinggi Golan, juga di area-area dataran tinggi di Galilee dan Tepi Barat bagian utara. Di kawasan pegunungan Hermon, ketebalan salju dilaporkan mencapai 60 cm dan hujan salju terus turun sampai Kamis (18/2) waktu setempat.

Warga wilayah Merom Golan terbangun pada Kamis (18/2) pagi waktu setempat, dengan melihat salju setebal 40 cm menyelimuti area sekitar tempat tinggal mereka. Sedangkan di wilayah Safed, salju dilaporkan mencapai ketebalan 5 cm.

Simak juga Video: Jarang Terjadi! Hujan Salju Lebat Mengguyur Athena

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2