Presiden AS Joe Biden Akan Tambah Dana Tes COVID di Sekolah-Tempat Penampungan

Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 04:39 WIB
President Joe Biden speaks at the Pentagon, February 10, 2021, in Washington, DC. - Harris and Biden are visiting the Pentagon for the first time since taking office. (Photo by Alex Brandon / POOL / AFP)
Foto: Presiden AS, Joe Biden (AFP/ALEX BRANDON)
Washington D.C - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berencana menambah dana tes COVID-19 di sekolah-sekolah. Selain itu, penambahan dana juga dilakukan untuk meningkatkan tes Corona di tempat penampungan tuna wisma dan pengaturan jemaat yang kurang terlayani.

Dilansir Reuters, Kamis (18/2/2021), hal itu disampaikan oleh pihak Gedung Putih. Penambahan dana itu diperkirakan sebesar $ 650 juta.

Dalam pernyataan Gedung Putih pada Rabu waktu setempat, dana $ 850 juta juga akan dikeluarkan untuk meningkatkan industri manufaktur di AS. Selain itu, dana $ 200 juta disiapkan untuk pengujian sekuensing genom virus.

Sebelumnya diberitakan, Joe Biden mengumumkan bahwa seluruh warga AS akan mendapatkan akses pada vaksin virus Corona (COVID-19) pada akhir Juli, atau sebelum Agustus tahun ini.

Seperti dilansir AFP, Rabu (17/2/2021), pengumuman itu disampaikan Biden dalam diskusi town hall pertamanya sebagai Presiden AS yang digelar media terkemuka AS, CNN, pada Selasa (16/2) waktu setempat.

Biden sebelumnya memprediksi bahwa vaksin Corona mungkin tersedia untuk semua warga pada musim semi.

Namun Gedung Putih beberapa waktu terakhir sedikit menurunkan optimisme itu dengan menyebut adanya kesulitan-kesulitan, termasuk ketersediaan vaksin dan kemampuan untuk mendistribusikannya.

Saat ditanya dalam diskusi town hall CNN soal kapan seluruh warga AS akan divaksin Corona, Biden menjawab: "Pada akhir Juli tahun ini."

"Pada akhir Juli kita akan memiliki 600 juta dosis, cukup untuk memvaksinasi setiap warga Amerika," tegas Biden. (man/man)