Round-Up

Geger Kemunculan Pemimpin Al-Qaeda Usai Klaim Penangkapan

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 21:01 WIB
An image grab taken from a video released by Al-Malahem Media, the media arm of Al-Qaeda in the Arabian Peninsula (AQAP), shows Khaled Batarfi in a video posted online on June 15, 2015 HO AL-MALAHEM MEDIA/AFP/File
Pemimpin AQAF, Khalid Batarfi (Foto: AL-MALAHEM MEDIA/AFP/File)

Teroris Global

Setelah kematian pendahulu AQAP Qassim al-Rimi dalam serangan udara AS di Yaman, Batarfi ditunjuk sebagai pemimpinnya pada Februari 2020. Menurut SITE, Batarfi, yang ditetapkan sebagai teroris global oleh Departemen Luar Negeri AS pada 2018, telah muncul di banyak video AQAP selama beberapa tahun terakhir. Ia juga menjadi wakil Qassim al-Rimi dan juru bicara kelompok AQAP.

Washington menganggap AQAP sebagai cabang jaringan Al-Qaeda yang paling berbahaya di dunia, dan telah melancarkan serangan-serangan drone yang telah berlangsung lama terhadap para pemimpin kelompok tersebut.

AQAP mengaku bertanggung jawab atas penembakan massal 2019 di pangkalan Angkatan Laut AS di Florida, di mana seorang perwira Angkatan Udara Arab Saudi membunuh tiga pelaut Amerika.

Kelompok ekstremis Sunni tersebut berkembang pesat dalam kekacauan perang saudara antara pemerintah Yaman yang didukung Saudi dan kelompok pemberontak Houthi yang didukung Iran.

AQAP telah melakukan operasi melawan Houthi dan juga pasukan pemerintah Yaman serta serangan-serangan sporadis di luar negeri, termasuk di kantor majalah satir Prancis, Charlie Hebdo pada tahun 2015.

Halaman

(izt/ita)