Round Up

Rasa Kesal Trump Saat Argumen Pengacara Pemakzulan Tak Optimal

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 20:04 WIB
Donald Trump dalam pesan video terbaru yang direkam di Ruang Oval Gedung Putih (The White House via CNN)
Mantan Presiden AS Donald Trump (Foto: The White House via CNN)

Kembali ke sidang pemakzulan, menurut dua sumber lainnya, Schoen seharusnya tampil pertama sebelum Castor untuk menyampaikan argumen pembuka. Namun posisi itu diubah pada menit-menit akhir.

Saat mengumumkan perubahan itu, Castor menyatakan: "Kami mengubah apa yang akan kami lakukan karena kami pikir presentasi manajer DPR dilakukan dengan baik."

Setelah Castor menyelesaikan argumennya, Schoen yang berbicara selanjutnya langsung mengubah nada pertahanan tim Trump secara drastis. Schoen menuduh Partai Demokrat memanfaatkan pemakzulan sebagai 'blood sport' untuk menghalangi Trump kembali mencalonkan diri dan menuduh Demokrat berupaya mencabut hak pemilih pro-Trump.

Meskipun Trump dilaporkan tidak senang dengan kinerja awal tim pengacaranya, para stafnya tetap yakin bahwa Trump akan dibebaskan dan itu tidak akan mengubah hasil sidang nantinya.

Dua sumber terpisah yang dekat dengan Trump menuturkan bahwa Trump akan tetap low-profile dan menjauhi sorotan hingga sidang berakhir, namun tetap berbicara dengan ajudan-ajudannya soal cara muncul kembali ke publik dan membantu Partai Republik saat pemilu sela mendatang.

Secara terpisah, seorang penasihat senior Trump bersikeras menyatakan bahwa Castor sebenarnya berupaya menurunkan suasana emosional yang meliputi Senat sebelum Schoen menyampaikan argumennya yang tajam.

"Ini soal menurunkan suhu setelah pembukaan yang emosional dari Demokrat, sebelum berusaha keras menunjukkan sifat inkonstitusional dari pemakzulan yang sarat witch-hunt ini," sebutnya.


(izt/ita)