China Yakin Indonesia Pasti Akan Menang Melawan Pandemi Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 13:47 WIB
Jokowi - Xi Jinping KTT APEC
Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping (Dok. Kemenpar)

Sementara China sejauh ini, menurut Xinhua News Agency, mencatat lebih dari 89 ribu kasus Corona di wilayahnya, dengan 4.636 kematian. Pada awal pekan ini, otoritas China tidak mencatat kasus penularan lokal baru namun mencatat 14 kasus impor yang penularannya terjadi di luar negeri.

Qiu dalam pernyataannya juga menyebut prinsip dan standar yang diterapkan otoritas China berhasil menurunkan jumlah kasus dan memutus rantai penularan Corona.

Dia menyebut otoritas China, terutama Wuhan -- titik nol Corona, menerapkan pemeriksaan ketat dengan standar 'tanpa meninggalkan satu pun keluarga atau orang', demi memastikan tidak ada satu orang pun yang tertinggal sehingga memastikan tidak ada sumber penularan potensial.

Standar itu ditambah dengan penutupan dan pengendalian transportasi ketat, khususnya di Provinsi Hubei dan Wuhan, menurut Qiu, telah memutus rantai penularan.

"Dengan tindakan-tindakan penanganan paling ketat dan paling menyeluruh di atas, kami berhasil mengkontrol sumber penularan dan memutuskan rantai penularan," sebutnya.


(nvc/ita)