Saudi Intersep Serangan Drone Bersenjata Houthi!

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 07 Feb 2021 16:07 WIB
Dust rises from the site of a Saudi-led air strike in Yemens southwestern city of Taiz July 5, 2015. REUTERS/Stringer
Ilustrasi (Foto: REUTERS/Stringer)
Riyadh -

Arab Saudi berhasil mencegat serangan drone nirawak yang diluncurkan oleh kelompok Houthi di Yaman pada Minggu (7/2). Hal ini terjadi sehari setelah Amerika Serikat berniat menghapus pemberontak Houthi dari kelompok teroris.

Seperti dilansir AFP, Minggu (7/2/2021) koalisi militer pimpinan Saudi mencegat dan menghancurkan sebuah drone nirawak, kata juru bicara Turki al-Maliki dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh Kantor Pers Saudi.

"Itu diluncurkan secara sistematis dan sengaja oleh milisi teroris Houthi untuk menargetkan warga sipil dan objek sipil di wilayah Saudi Selatan"

Insiden itu tidak segera diklaim olehHouthi yang didukung Iran.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat pada hari Jumat (5/2) mengatakan secara resmi memberi tahu Kongres tentang niatnya untuk mencabut penunjukan teroris terhadap pemberontak Houthi. Langkah penghapusan tersebut dilakukan sehari setelah Presiden AS Joe Biden mengumumkan diakhirinya dukungan AS untuk operasi ofensif pimpinan Saudi di Yaman.

Kelompok-kelompok kemanusiaan sangat menentang sikap AS, dimana mereka menyebut hal itu akan membahayakan negara yang bergantung pada bantuan, dan bahwa mereka tidak punya pilihan selain berurusan dengan Houthi, yang menguasai sebagian besar wilayah utara.

Arab Saudi, yang memasuki konflik Yaman pada 2015, berulang kali menjadi sasaran serangan lintas batas.

Bulan lalu, mereka mengatakan telah mencegat dan menghancurkan "target udara musuh" menuju ibu kota Riyadh.

(izt/gbr)