Erdogan Ajak Semua Pihak Berkontribusi Susun Konstitusi Baru Turki

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 10:43 WIB
President of Turkey Recep Tayyip Erdogan makes a statement after chairing the cabinet meeting in Ankara, on December 14, 2020. (Photo by Adem ALTAN / AFP)
Recep Tayyip Erdogan (dok. AFP/ADEM ALTAN)
Ankara -

Setelah mengejutkan publik dengan menyerukan konstitusi baru untuk Turki, Presiden Recep Tayyip Erdogan kini menyambut semua pihak yang ingin berkontribusi dalam penyusunan konstitusi baru itu.

"Pekerjaan komprehensif seperti itu akan menjadi bermakna dengan keterlibatan semua kelompok di negara ini," cetus Erdogan melalui video conference dengan kongres provinsi Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang kini berkuasa di Turki, seperti dilansir Anadolu Agency, Kamis (4/2/2021).

Erdogan menyatakan bahwa jika AKP mencapai konsensus dengan mitra koalisi pemerintahannya, Partai Gerakan Nasionalis atau MHP, maka 'langkah untuk menyusun konstitusi baru dalam periode mendatang' mungkin dilakukan.

"Kita ingin melihat semua kelompok, yang ingin memberikan kontribusi positif dalam proses, dalam upaya untuk konstitusi baru," ucapnya.

Lebih lanjut, Erdogan mengatakan konstitusi baru akan dibangun di atas 'inisiatif sejarah' yang diberikan AKP untuk Turki, terutama sistem presidensial.

Erdogan menekankan bahwa mengesampingkan konstitusi yang telah kehilangan integritas dan konsistensi karena perubahan selama bertahun-tahun, dan menyusun konstitusi baru akan membuka jalan bagi Turki untuk mencapai tujuan beberapa tahun ke depan.

Awal pekan ini, Erdogan menyebut konstitusi lama Turki telah menjadi 'sumber masalah'. Diketahui bahwa konstitusi Turki yang saat ini berlaku telah digunakan sejak tahun 1982. Konstitusi itu dirancang setelah kudeta militer tahun 1980 silam.

Selanjutnya
Halaman
1 2