Gelombang Ketiga Corona di Portugal, Rumah Sakit Mulai Kewalahan

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 02:18 WIB
Hingga kini Inggris memiliki 207 ribu kasus COVID-19 dan tertinggi keempat dunia. Tak ayal, petugas ambulans pun tampak sangat sibuk lalu lalang menjemput para pasien yang terjangkit Corona.
Foto: Getty Images/Leon Neal
Lisbon - Gelombang ketiga virus Corona menyerang Portugal. Perdana Menteri Portugal Antonio Costa menyebut rumah sakit mulai kewalahan.

Dilansir AFP, pemerintah mulai bertindak usai mengumumkan 300 kasus kematian dalam 24 jam terakhir. Sejumlah stasiun tv menampilkan suasana antrean panjang ambulans di rumah sakit di Lisbon.

Portugal adalah negara yang paling terdampak Corona di Eropa, terutama dalam hal kasus kematian. Selama seminggu terakhir, Portugal mencatat 20 kasus kematian per hari per 100 ribu penduduk.

Total jumlah kumulatif kasus kematian di Portugal mencapai 13 ribu. Namun, 5.500 di antaranya terjadi pada Januari 2021.

Salah satu rumah sakit terbesar, RS Santa Maria Lisbon, menerima 333 pasien pada Selasa (2/2). 333 pasien itu mengisi 350 tempat tidur isolasi.

Rumah sakit lainnya di distrik Amadora dan Sintra juga mengalami krisis karena terkendala masalah distribusi tabung oksigen. Rumah sakit tersebut menerima 363 pasien COVID-19 dalam satu waktu, padahal jumlah tersebut 3 kali lipat dari kapasitas maksimum pasien Corona yang dapat diisolasi di satu rumah sakit di Portugal.

150 pasien Corona mesti menggunakan botol oksigen portable. Sedangkan sisanya mesti dilarikan ke rumah sakit lain.

Jerman memberikan bantuan kepada Portugal berupa peralatan medis, yakni 150 tempat tidur rumah sakit lapangan dan mesin pernapasan. Beberapa tenaga medis juga dikirim ke Portugal.

"Portugal berada dalam situasi yang sangat dramatis," kata Menteri Pertahanan Jerman Annegret Kramp-Karrenbauer.

"Pada saat seperti itu, solidaritas di Eropa sangat diperlukan," lanjutnya.

Komisaris krisis Uni Eropa Janez Lenarcic mengatakan pihaknya memantau situasi krisis di Portugal. Uni Eropa akan memberikan bantuan bila diperlukan.

(isa/isa)