Sekolah di Rumania Akan Kembali Dibuka Setelah 6 Bulan Tutup

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 01:51 WIB
Kindergarten students are led into the building on the first day of in-person classes at Lee Elementary School on Wednesday, Sept. 16, 2020  in Lee, Mass. (Stephanie Zollshan/The Berkshire Eagle via AP)
ilustrasi (Foto: Stephanie Zollshan/The Berkshire Eagle via AP)
Bukares - Sekolah di Rumania kembali dibuka. Ini pertama kalinya siswa-siswi Rumania kembali belajar di ruang kelas usai 6 bulan vakum karena pandemi Corona.

"Persiapkan anak-anak untuk sekolah," kata Presiden Rumania Klaus Iohannis dilansir AFP, Rabu (3/2/2021).

Sekolah tatap muka akan digelar Senin (7/2). Sebagian besar sekolah akan diizinkan melakukan sekolah tatap muka.

Rumania adalah salah satu negara miskin yang tergabung dalam Uni Eropa. Rumania diketahui memiliki keterbatasan akses internet serta perangkat computer sehingga kelas online tidak berjalan maksimal.

Padahal, sekolah di Rumania sempat dibuka pada musim gugur tahun lalu. Namun kembali ditutup setelah gelombang kedua virus Corona.

Kasus Corona harian di Rumania bisa mencapai 10 ribu kasus. Tetapi beberapa hari terakhir, turun menjadi 2.500 kasus harian.

"Kami melihat apa yang dilakukan orang lain dan kami melihat bahwa sebagian besar negara Uni Eropa telah membuka kembali sekolah atau berencana melakukannya," kata Iohannis.

Jerman mulai melonggarkan aturan lockdown, sejumlah sekolah dasar akan mulai dibuka kembali. Sekolah-sekolah ini mulai mempersiapkan diri.ilustrasi pembukaan sekolah di Eropa di tengah pandemi (Foto: Getty Images/Alex Grimm)

Sejumlah LSM seperti Save The Children menyerukan pembukaan kembali sekolah setelah berbulan-bulan ditutup di sejumlah negara. Permohonan ini pun turut didukung oleh para orang tua murid dan guru.

Untuk membatasi risiko penularan virus di kelas, Rumania menyediakan 37 juta masker untuk anak-anak sekolah. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Menteri Pendidikan Rumania, Sorin Campeanu.

Rumania mencatat lebih dari 732.000 kasus positif Corona dan 18.513 kasus kematian sejak dimulainya pandemi Corona. Sementara itu, 472 ribu warga Rumania sudah divaksin. (isa/isa)