Buat Poster Kakbah Bersanding dengan Bendera LGBT, 2 Mahasiswa Turki Ditangkap

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 31 Jan 2021 17:27 WIB
Istanbul -

Dua mahasiswa ditangkap di Turki atas tuduhan hasutan kebencian dan menghina nilai-nilai agama. Penangkapan itu dilakukan setelah keduanya memuat poster yang menggambarkan Kakbah bersanding dengan bendera LGBT.

Dilansir Associated Press, Minggu (31/1/2021), keduanya ditangkap pada Sabtu malam waktu setempat (30/1) setelah seorang pejabat tinggi Turki membanting poster yang dipajang di pameran di Universitas Bogazici, Turki.

Selama berminggu-minggu, mahasiswa dan fakultas memprotes penunjukan rektor baru oleh presiden Turki karena terkait dengan partai penguasa dan sempat terjadi bentrokan dengan polisi.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu telah ditahan karena dituduh tidak menghormati kakbah. Para pejabat tinggi pemerintah dari partai konservatif Turki berbasis Islam mengutuk poster tersebut.

Kakbah di Mekah adalah situs tersuci dalam Islam dimana orang-orang di seluruh dunia berdoa dan beribadah disana.

Poster itu menempatkan makhluk setengah wanita dan setengah ular -yang ditemukan dalam cerita rakyat Timur Tengah- berada di Kakbah bersamaan dengan bendera LGBT. Dibawahnya tertulis bahwa karya seni itu merupakan kritik terhadap peran gender tradisional.

Kantor Gubernur Istanbul mengatakan lima orang sudah ditahan dan polisi sedang mencari dua tersangka lainnya. Satu orang dibebaskan, dua ditempatkan dalam tahanan rumah dan dua di penjara untuk menunggu persidangan.

(izt/dhn)