Pesawat Kepresidenan Ekuador Mendarat Darurat di AS

Ilman Nafian - detikNews
Minggu, 31 Jan 2021 04:06 WIB
Ilustrasi Pesawat Mendarat Darurat
Ilustrasi (Foto: dok.detikcom)
Washington DC -

Pesawat kepresidenan Ekuador melakukan pendaratan darurat pada Sabtu di Washington DC, Amerika Serikat. Pesawat tersebut turut membawa Presiden Ekuador, Lenin Moreno.

Dilansir AFP, Minggu (31/1/2021), Kementerian Komunikasi Ekuador mengumumkan kondisi Moreno dan rombongan baik-baik saja. Mereka melakukan pendaratan darurat karena adanya masalah teknis.

"Pesawat presiden mengalami kerusakan mekanis beberapa menit setelah lepas landas dari Washington DC dan harus melakukan pendaratan darurat," kata Kementerian Komunikasi Ekuador.

"Moreno dan semua penumpang pesawat baik-baik saja dan akan kembali ke Ekuador dalam beberapa jam mendatang," sambungnya.

Dalam pengumuman itu, tidak disebutkan secara rinci pesawat mengalami masalah di bagian mana. Pengumunan itu hanya menyebutkan semua orang yang ada di dalam pesawat dalam keadaan baik.

Sebelum peristiwa itu terjadi, Morena baru saja melakukan kunjungan resmi ke Amerika Serikat. Dia baru saja bertemu dengan sejumlah pejabat termasuk Presiden AS, Joe Biden.

Selain itu, Moreno juga melakukan pertemuan dengan Direktur Pelaksanan IMF, Georgieva. Dalam pertemuan itu IMF memberikan pinjaman kepada Ekuador sebesar US$6,5 miliar.

(man/man)