Round Up

Kata-kata Menohok Yordania ke Israel Soal Vaksin Warga Palestina

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 23:58 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
ilustrasi vaksin Corona (Foto: iStock)

Pada pertengahan Januari, di bawah tekanan dari kelompok-kelompok hak asasi, Layanan Penjara Israel mengatakan telah mulai memvaksinasi semua tahanannya, termasuk sekitar 4.400 warga Palestina yang ditahan di penjara.

Vaksinasi Corona terhadap narapidana Palestina ini diumumkan setelah muncul seruan dari kelompok HAM, otoritas Palestina dan Jaksa Agung Israel sendiri, agar Israel juga memvaksinasi para narapidana Palestina yang ditahan di wilayahnya.

Kritikan tajam menghujani Israel setelah Menteri Keamanan Publik, Amir Ohana, menyatakan para tahanan Palestina akan menjadi yang terakhir disuntik vaksin Corona. Menanggapi komentar itu, seperti dilaporkan surat kabar Israel, Ma'ariv, Jaksa Agung Israel Avichai Mandelblit melontarkan kecaman dalam suratnya kepada Ohana. Dia menyebut komentar Ohana itu 'dicemari oleh ilegalitas

Sementara itu, Human Rights Watch (HRW) pada Minggu (17/1) juga menyerukan kepada Israel untuk menyediakan vaksin Corona bagi 2,8 juta warga Palestina yang tinggal di wilayah Tepi Barat yang diduduki Israel dan 2 juta warga Palestina di Gaza yang diblokade Israel

Direktur HRW untuk Israel dan Palestina, Omar Shakir, secara khusus mengkritik Israel yang memvaksinasi para pemukim Yahudi di Tepi Barat, tapi tidak memvaksinasi warga Palestina yang tinggal di wilayah yang sama.

Halaman

(izt/ita)