Raja Maroko Disuntik Vaksin COVID-19

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 12:19 WIB
Raja Maroko Mohammed VI
Raja Maroko, Mohammed VI (Foto: AZZOUZ BOUKALLOUCH/AFP)
Rabat -

Raja Maroko Mohammed VI menerima suntikan vaksin Corona pada hari Kamis (28/1), waktu setempat ketika kerajaan Afrika Utara itu meluncurkan kampanye inokulasi nasionalnya.

Dilansir dari AFP, Jumat (29/1/2021), istana merilis foto sang Raja (57) yang sedang mengangkat lengan bajunya untuk menerima suntikan vaksin di kediamannya di kota Fez.

Tidak disebutkan vaksin mana yang diterima Raja. Pihak istana menyatakan bahwa kampanye vaksinasi nasional Maroko akan diluncurkan secara bertahap dan menjangkau semua warga Maroko dan penduduk berusia 17 tahun ke atas. Vaksinasi akan dilakukan kepada sekitar 25 juta orang.

"Vaksin gratis untuk semua dan bertujuan untuk mengimunisasi semua rakyat Maroko .. secara bertahap agar bisa kembali ke kehidupan normal," demikian pernyataan istana.

Sebagai negara berpenduduk 35 juta orang, Maroko telah mencatat hampir setengah juta kasus COVID-19 dan 8.224 kematian. Pandemi Corona telah menggoyahkan ekonomi negara dan membuat Maroko menetapkan jam malam mulai 23 Desember 2020 lalu. Virus Corona menyebar di kota-kota padat penduduk seperti Casablanca dan Sale, dekat Rabat.

Bulan lalu, kerajaan itu mengatakan telah memesan 65 juta dosis vaksin AstraZeneca dan dosis vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan China, Sinopharm.

(izt/ita)