Tragis! Kebakaran di RS COVID-19 Rumania Tewaskan 4 Pasien

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 15:19 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Bukares -

Kobaran api membakar sebuah rumah sakit utama di Bucharest, Rumania, yang juga merawat pasien COVID-19. Peristiwa tragis itu menewaskan sedikitnya empat pasien.

Dilansir The Associated Press, Jumat (29/1/2021), kebakaran terjadi pada Jumat (29/1) sekitar jam 05.00 waktu setempat. Api membakar lantai dasar rumah sakit dan membuat lebih dari 100 orang dievakuasi dari lokasi. Sejumlah staf rumah sakit yang masih menggunakan APD dan masker juga bergegas keluar dari gedung yang terbakar.

Sejumlah orang yang belum diketahui identitasnya terluka sebelum petugas pemadam kebakaran memadamkan api. Layanan darurat Rumania belum mengetahui penyebab pasti kebakaran itu.

"Kami melihat kobaran api di lantai dasar gedung...Ada banyak asap, dan ada kemungkinan api akan menyebar ke lantai dua," kata Komandan Unit Intervensi, Orlando Schiopu, di lokasi kejadian.

Read Arafat, kepala gawat darurat, mengatakan keempat korban tewas adalah pasien rumah sakit. Tiga orang dari mereka sudah tewas saat ditemukan, sementara tim penyelamat mencoba menyelamatkan korban keempat tetapi gagal.

Beberapa jam kemudian, balkon yang hangus terlihat dari rumah sakit Matei Bals, tempat otoritas kesehatan mengatur vaksinasi di Rumania. Ambulans dan kendaraan pemadam kebakaran terlihat diparkir di luar rumah sakit.

Negara Balkan berpenduduk sekitar 19 juta orang itu telah mencatat lebih dari 700.000 kasus COVID-19 dan 18.000 kematian.

(izt/ita)