Dentuman Misterius di Indonesia, Fenomena Serupa Terjadi di AS Bulan Ini

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 14:45 WIB
People walk amongst US national flags erected by students and staff from Pepperdine University to honor the victims of the September 11, 2001 attacks in New York, at their campus in Malibu, California on September 10, 2015. The students placed some 3,000 flags in the ground in tribute to the nearly 3,000 victims lost in the attacks almost 14 years ago.      AFP PHOTO / MARK RALSTON / AFP / MARK RALSTON
Ilustrasi (dok. AFP PHOTO/MARK RALSTON)
Georgia -

Beberapa waktu terakhir suara dentuman dilaporkan didengar masyarakat di sejumlah daerah. Terbaru, warga di Lampung dan Banten mengaku mendengar dentuman pada malam dan dini hari tadi. Fenomena dentuman misterius juga pernah terjadi di wilayah Georgia, Amerika Serikat (AS), beberapa waktu terakhir. Sumber suara misterius itu bahkan belum diketahui hingga kini.

Seperti dilansir media lokal Fox 8, Jumat (29/1/2021), ratusan warga Forsyth County di Georgia menghubungi layanan darurat 911 pada awal Januari lalu untuk melaporkan bahwa mereka mendengar suara mirip ledakan namun misterius sumbernya.

Saat itu dilaporkan terdengar empat suara dentuman seperti ledakan pada Sabtu (2/1) malam dan Minggu (3/1) siang waktu setempat. Suara dentuman itu terdengar di beberapa area distrik berbeda, mulai dari Forsyth, Guilford, Rockingham, Surry, Davie, Stokes hingga Randolph. Sumbernya masih misterius.

Suara dentuman misterius itu mengejutkan warga setempat yang menerka-nerka asalnya. Namun para pakar setempat tidak memiliki penjelasan konkret untuk suara misterius itu.

"Beberapa teori yang saya dengar mungkin kebisingan konstruksi. Mungkin sebuah meteor. Hanya sejumlah hal. Petasan atau kembang api," ucap Dan Leins bekerja pada Dinas Prakiraan Cuaca Nasional di Raleigh, pada saat itu.

Leins menambahkan bahwa tidak ada hujan atau badai petir yang melanda kawasan tersebut pada saat itu. Dalam pernyataan terpisah, kantor Sheriff setempat menyatakan tidak ada indikasi tindak kriminal atau cedera yang berkaitan dengan dentuman misterius saat itu.

Media lokal lainnya, WFMY News2, melaporkan bahwa Survei Geologi AS pada saat itu juga tidak mendeteksi adanya gempa bumi di wilayah AS bagian tenggara. Laporan media-media lokal AS yang membahas dentuman misterius itu tidak memberi penjelasan lebih lanjut soal asalnya.

Fenomena serupa dilaporkan kembali terjadi di Georgia pada Senin (25/1) waktu setempat. Laporan media lokal lainnya, 11alive.com menyebut suara dentuman mirip ledakan terdengar oleh warga yang tinggal di wilayah Georgia sebelah barat laut.

Pada saat itu, layanan darurat 911 di Floyd County melaporkan pihaknya menerima banyak panggilan yang melaporkan 'beberapa jenus dentuman atau ledakan keras' di area Lindale Mill, Georgia.

Selanjutnya
Halaman
1 2