Bawa Senjata Api Dekat Gedung Capitol, Pria AS Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 13:54 WIB
Pasukan Garda Nasional memperketat penjagaan Gedung Capitol, Washington, Amerika Serikat. Penjagaan ini dilakukan menjelang pelantikan Joe Biden sebagai presiden AS.
Ilustrasi (dok. AP Photo)
Washington DC -

Kepolisian Capitol Amerika Serikat (AS) menangkap seorang pria asal West Virginia di dekat Gedung Capitol. Pria ini kedapatan membawa senjata api beserta 20 butir peluru di luar gedung American Veterans Disabled for Life Memorial, yang dekat dengan Gedung Capitol.

Seperti dilansir CNN, Jumat (29/1/2021), juru bicara Kepolisian Metropolitan Washington DC menuturkan bahwa pria itu ditangkap pada Rabu (27/1) sore waktu setempat. Dalam dokumen pengadilan, otoritas setempat mengidentifikasi pria itu sebagai Dennis Westover (71).

Menurut dokumen kepolisian, Westover membawa sebuah 'dokumen Stop the Steal' bersamanya, yang di dalamnya membuat 'daftar Senator dan Perwakilan (anggota DPR AS)' baik di Kongres AS maupun di gedung parlemen West Virginia. Terdapat juga informasi kontak para Senator dan anggota DPR AS dalam dokumen itu.

Stop the Steal merupakan gerakan aksi protes yang mempromosikan teori konspirasi keliru soal adanya kecurangan dalam pilpres AS 2020. Istilah itu banyak digunakan para pendukung mantan Presiden Donald Trump yang menyerbu dan memicu kerusuhan Gedung Capitol pada 6 Januari lalu.

Dalam keterangannya kepada detektif Kepolisian Capitol, Westover menyatakan 'dirinya khawatir dengan kejujuran dan integritas pilpres'.

"Dia mengatakan kita memiliki pendapat sangat ekstrem di negara ini dan bahwa sementara dia percaya ada kecurangan pemilu pada saat ini, itu adalah poin yang bisa diperdebatkan. Dia mengatakan bahwa, 'Proses yang saya lakukan adalah kebajikan, keadilan dan kebenaran'," tulis kepolisian dalam dokumennya saat membahas keterangan Westover.

Menurut dokumen kepolisian lainnya, Westover tampak 'bersemangat' dan 'berteriak' ke arah Penjaga Nasional di dalam perimeter yang mengelilingi Gedung Capitol saat polisi pertama kali mendekatinya pada Rabu (27/1) waktu setempat.

Simak video 'Biden Bebenah 'Kekacauan' Trump, Ubah Kebijakan Kesehatan':

[Gambas:Video 20detik]