Militer Afrika Selatan Kini Izinkan Tentara Wanita Muslim Pakai Jilbab

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 09:48 WIB
Militer Afrika Selatan diterjunkan untuk membantu melawan Corona (AFP Photo/ Michael Sheehan)
Foto: Militer Afrika Selatan diterjunkan untuk membantu melawan Corona (AFP Photo/ Michael Sheehan)
Jakarta -

Militer Afrika Selatan mengubah kebijakan seragamnya. Tentara wanita muslim kini diizinkan mengenakan jilbab sebagai bagian dari seragam mereka. Hal itu diungkapkan salah seorang juru bicara militer pada Kamis (28/1) waktu setempat.

Dilansir dari AFP, Jumat (29/1/2021) pada Januari tahun lalu, pengadilan militer menjatuhkan dakwaan terhadap seorang perwira yang didakwa mengenakan jilbab saat memakai baret militernya.

Sebelumnya pada Juni 2018, Mayor Fatima Isaacs telah didakwa atas pembangkangan yang disengaja dan gagal mematuhi instruksi yang sah setelah atasannya memintanya untuk melepas jilbabnya saat berseragam militer.

Pengadilan militer di Castle of Good Hope dekat Cape Town mencabut semua dakwaan pada Januari 2020. Isaacs diizinkan untuk mengenakan 'penutup kepala hitam' saat bertugas selama tidak menutupi telinganya.

Meski begitu, militer Afrika Selatan tetap tidak mengubah kebijakan pakaiannya. Isaacs kemudian mengajukan keberatan di pengadilan kesetaraan Afrika Selatan atas peraturan yang membatasi pakaian keagamaan.

Pasukan Pertahanan Afrika Selatan (SANDF) akhirnya setuju untuk mengubah kebijakannya minggu ini dan mengizinkan semua tentara wanita muslim untuk menutupi kepala mereka saat bertugas.

"Peraturan berbusana SANDF telah diperbarui sehingga pemakaian jilbab oleh (wanita) muslim sesuai dengan ketentuan dalam peraturan berbusana," kata juru bicara Mafi Mgobozi kepada AFP dalam sebuah pesan, Kamis (28/1)

Pusat Sumber Daya Hukum yang berbasis di Afrika Selatan, yang mewakili Isaacs, menyambut baik keputusan tersebut melalui Twitter pada hari Rabu (27/1).

Simak juga video 'Presiden Afsel Minta Negara Maju Tak Timbun Vaksin':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/ita)