Warga Palestina Ditembak Mati Saat Hendak Tikam Tentara Israel

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 18:50 WIB
Ilustrasi penembakan tentara Israel
Ilustrasi (Zaki Alfarabi/detikcom)
Tepi Barat -

Seorang warga Palestina yang membawa pisau ditembak mati oleh tentara Israel di dekat Nablus, Tepi Barat. Warga Palestina ini ditembak saat hendak menikam tentara Israel yang ada di kawasan pendudukan itu.

Seperti dilansir AFP, Selasa (26/1/2021), militer Israel dalam pernyataannya menyebut tentaranya di pos Tepi Barat 'melihat seorang penyerang yang berusaha menikam dua tentara' Israel.

"Salah satu tentara menangkis beberapa serangan penikaman dari penyerang dan komandan tentara yang ada di lokasi melepas tembakan ke arah penyerang dan melumpuhkannya," demikian pernyataan militer Israel.

Pernyataan itu menambahkan bahwa tidak ada korban jiwa dari tentara Israel. Sedangkan juru bicara militer Israel menuturkan kepada AFP bahwa pelaku serangan itu telah tewas.

Secara terpisah, Kementerian Kesehatan Palestina mengonfirmasi bahwa 'seorang warganya' telah ditembak mati oleh 'pasukan pendudukan' -- merujuk pada tentara Israel -- pada Selasa (26/1) waktu setempat. Identitas warga Palestina yang ditembak mati belum diungkap ke publik.

Israel diketahui menduduki wilayah Tepi Barat sejak perang Arab-Israel tahun 1967 silam.

Beberapa tahun terakhir, serangan individu atau yang disebut 'lone-wolf' marak dilakukan warga Palestina terhadap tentara Israel, khususnya di Tepi Barat. Beberapa serangan melibatkan senjata api, namun kebanyakan menggunakan pisau.

(nvc/ita)