Ngeri! 19 Mayat Hangus Terbakar Ditemukan di Perbatasan AS-Meksiko

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 10:01 WIB
Members of Mexicos National Guard patrol the border between Mexico and the U.S. as part of an ongoing operation to prevent migrants from crossing illegally into the United States, in Ciudad Juarez, Mexico June 24, 2019. REUTERS/Jose Luis Gonzalez
Personil garda nasional AS berpatroli di perbatasan Meksiko (Foto: REUTERS/Jose Luis Gonzalez)
Carmago -

Kantor kejaksaan negara bagian Tamaulipas, Meksiko mengatakan telah ditemukan 19 mayat hangus terbakar di Meksiko, dekat perbatasan Amerika Serikat.

Dilansir dari AFP, Senin (25/1/2021), polisi menemukan dua kendaraan terbakar, di mana di dalamnya terdapat sejumlah mayat di jalan pedesaan dekat kota Carmago pada Sabtu (23/1) waktu setempat.

Investigasi awal menunjukkan bahwa para korban telah ditembak, kemudian tubuh mereka dibakar. Karena tidak ditemukan peluru di lokasi kejadian, polisi mengatakan ada kemungkinan korban tewas ditembak di lokasi berbeda.

Autopsi sedang dilakukan, tetapi identifikasi mayat akan menjadi rumit karena kondisinya yang sudah hangus terbakar.

Carmago, sebuah kota berpenduduk sekitar 15.000 orang, berbatasan dengan negara bagian Texas, AS dan dekat dengan negara bagian Nuevo Leon di Meksiko.

Pihak berwenang dari Nuevo Leon bekerja sama dengan kantor kejaksaan Tamaulipas untuk mendalami kasus ini.

Wilayah ini sering mengalami bentrokan antara kartel Noreste, yang mengontrol sebagian Nuevo Leon, dan kartel Teluk, yang telah aktif di Tamaulipas selama beberapa dekade.

Sebelumnya pada Januari 2019, di kota tetangga Miguel Aleman, 24 mayat ditemukan, 15 di antaranya hangus.

Meksiko telah mencatat terjadi 34.523 pembunuhan pada tahun 2020, sedikit menurun dari angka tahun 2019 sebesar 34.608 pembunuhan, yang merupakan rekor tertinggi sejak penghitungan resmi dimulai.

Kekerasan terkait kartel telah melanda Meksiko sejak 2006, dengan lebih dari 300.000 pembunuhan sejak itu.

(izt/ita)