Konvoi Militer Suriah Diserang Pasukan ISIS, 3 Tentara Tewas

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 03:55 WIB
Smoke rises from clashes in the east of Mosul during clashes with Islamic State militants, Iraq, October 17, 2016. REUTERS/Azad Lashkari
ilustrasi serangan ISIS (Foto: REUTERS/Azad Lashkari)
Damaskus -

Konvoi militer Suriah diserang oleh pasukan ISIS. Akibatnya 3 tentara tewas.

"Tiga tentara tewas, dan 10 lainnya luka-luka setelah sebuah bus diserang oleh kelompok teroris," kata kantor berita resmi Suriah SANA seperti dilansir AFP, Senin (25/1/2021).

Serangan tersebut terjadi di Deir ez-Zor. ISIS mengklaim serangan itu.

"Pejuang ISIS hari ini menyerang konvoi kendaraan militer Suriah termasuk bus yang membawa tentara" pernyataan ISIS melalui media sosial dikutip AFP.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, juga menyimpulkan ISIS sebagai pihak yang bertanggungjawab atas serangan itu.

Diketahui, ISIS menyerbu Suriah dan Irak sejak tahun 2014. Mereka memproklamirkan negara khilafah.

Dari catatan AFP, kelompok ISIS telah dikalahkan di Suriah pada Maret 2019. Tetapi kelompok-kelompok kecil simpatisan ISIS terus melancarkan serangan.

Dalam beberapa bulan terakhir ini, ISIS telah meningkatkan serangan terhadap pasukan militer Suriah, terutama di bagian timur negara yang berbatasan dengan Irak.

Rusia merespons aksi ISIS ini dengan menerjunkan pesawat-pesawat tempurnya. Pesawat Rusia membombardir tempat persembunyian ISIS di Deir Ezzor dan Homs.

Lebih dari 387.000 orang telah tewas dan jutaan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka sejak perang saudara di Suriah meletus pada tahun 2011.

(isa/isa)