150 Tentara Garda Nasional Positif Corona Usai Jaga Pelantikan Biden

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 09:40 WIB
Pasukan Garda Nasional memperketat penjagaan Gedung Capitol, Washington, Amerika Serikat. Penjagaan ini dilakukan menjelang pelantikan Joe Biden sebagai presiden AS.
Ilustrasi -- Puluhan ribu tentara Garda Nasional AS dikerahkan menjaga Gedung Capitol AS dan mengamankan pelantikan Joe Biden pada 20 Januari lalu (dok, AP Photo)
Washington DC -

Lebih dari 150 tentara Garda Nasional Amerika Serikat (AS) yang dikerahkan ke Washington DC untuk mengamankan pelantikan Presiden Joe Biden, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (23/1/2021), otoritas AS mengerahkan langkah keamanan yang lebih ketat dari biasanya saat pelantikan Biden digelar pada Rabu (20/1) lalu. Pengamanan diperketat usai kerusuhan di Gedung Capitol yang didalangi pendukung mantan Presiden Donald Trump pada 6 Januari lalu.

Lebih dari 25 ribu tentara Garda Nasional, yang berasal dari 50 negara bagian AS, dikerahkan ke Washington DC untuk mengamankan pelantikan Biden.

Dituturkan seorang pejabat AS yang enggan disebut namanya bahwa jumlah tentara Garda Nasional yang dinyatakan positif Corona mencapai 150-200 personel. Pejabat AS ini menyebut jumlah itu bisa bertambah, namun masih tergolong bagian kecil dari total personel yang dikerahkan ke Washington DC.

Secara terpisah, pihak Garda Nasional AS menyatakan tidak akan membahas kasus Corona yang terdeteksi di antara personelnya.

Namun menegaskan bahwa para tentara Garda Nasional AS telah mematuhi panduan yang diberikan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) untuk mencegah penularan Corona.

Panduan yang dimaksud termasuk pemeriksaan suhu tubuh mulai saat para personel berangkat dari wilayah masing-masing dan saat tiba di Washington DC, kemudian juga pemeriksaan melalui kuesioner.

Simak juga video 'Strategi Joe Biden Perangi COVID-19 di AS':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2