Pria Nekat Bakar Diri di Luar Gedung Pemerintah Belarus

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 18:39 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilustrasi (Thinkstock)
Minsk -

Seorang pria berusia 35 tahun nekat membakar dirinya sendiri di luar gedung pemerintah Belarus di ibu kota Minsk. Pria ini langsung dilarikan ke rumah sakit setelah api yang membakar tubuhnya dipadamkan dengan tabung pemadam oleh polisi dan pejalan kaki yang melintas.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (22/1/2021), rekaman video insiden itu yang beredar luas secara online menunjukkan seorang pria yang tubuhnya diselimuti api di tengah alun-alun kosong yang ada di pusat ibu kota Minsk, dekat patung Lenin, pada Jumat (22/1) waktu setempat.

Beberapa orang terlihat bergegas mendekati pria itu dan berupaya memadamkan api yang membakar tubuhnya.

Komisi Investigasi Belarus dalam pernyataannya menuturkan bahwa pria yang identitasnya tidak diungkap itu terlihat menuangkan cairan ke tubuhnya sebelum membakar dirinya sendiri.

Motif dari aksi nekat pria ini belum diketahui pasti.

Komisi Investigasi Belarus menyatakan pihaknya sedang melakukan penyelidikan untuk mencari tahu latar belakang insiden ini.

Belarus diguncang unjuk rasa berkelanjutan sejak pemilu presiden yang digelar musim panas tahun lalu, yang menurut oposisi, telah dicurangi demi memenangkan kandidat petahana, Presiden Alexander Lukashenko. Tuduhan kecurangan pilpres telah dibantah oleh Lukashenko.

(nvc/rdp)