Tiga Mantan Presiden AS Beri Pesan Khusus untuk Joe Biden

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 12:37 WIB
Former Presidents Bill Clinton, George W. Bush, and Barack Obama. Biden Inaugural Committee
Bill Clinton, George W Bush dan Barack Obama memberikan pesan khusus untuk Presiden baru AS, Joe Biden (Biden Inaugural Committee via CNN)
Washington DC -

Tiga mantan Presiden Amerika Serikat (AS) memberikan pesan khusus untuk Presiden baru AS, Joe Biden, yang baru saja dilantik. Barack Obama, George W Bush dan Bill Clinton kompak mendoakan kesuksesan untuk pemerintahan Biden.

Seperti dilansir CNN, Kamis (21/1/2021), pesan khusus dari ketiga mantan Presiden AS ini dirilis sebagai bagian dari acara malam pelantikan bertema 'Celebrating America' yang digelar di Lincoln Memorial, Washington DC, pada Rabu (20/1) malam waktu setempat.

"Kita tidak hanya harus mendengarkan orang-orang yang setuju dengan kita, tapi juga mendengarkan orang-orang yang tidak setuju dengan kita," ucap Obama mengawali pesannya dalam bentuk rekaman video itu.

"Salah satu kenangan terindah saya tentang pelantikan, adalah keanggunan dan kemurahan hati yang ditunjukkan Presiden Bush kepada saya, dan Laura Bush kepada Michelle," tuturnya.

"Itu adalah pengingat, bahwa kita bisa memiliki perselisihan sengit namun tetap mengakui kesamaan kemanusiaan satu sama lain dan bahwa, sebagai rakyat Amerika, kita memiliki lebih banyak kesamaan daripada hal-hal yang memisahkan kita," ujar Obama mengingatkan.

"Jika pada faktanya...kita mencari apa yang mengikat kita bersama, rakyat Amerika itu kuat, mereka tangguh, mereka bisa melewati kesulitan dan tidak ada masalah yang tidak bisa mereka selesaikan, ketika kita bekerja bersama. ...Saya pikir kita semua mendapati bahwa kita ada pada kondisi terbaik kita saat kita semua bergerak ke arah yang sama," cetusnya.

Bush dalam pesannya mendoakan kesuksesan Biden dan pemerintahannya. "Saya pikir fakta bahwa kami bertiga berdiri di sini berbicara tentang transfer kekuasaan secara damai, berbicara tentang integritas institusional negara kita. Amerika adalah negara yang murah hati, orang-orangnya memiliki hati yang besar. Kami bertiga beruntung menjadi presiden negara ini," ucapnya.

"Pak Presiden, saya mendukung kesuksesan Anda. Keberhasilan Anda adalah kesuksesan negara kita. Tuhan memberkati Anda," harap Bush.

Selanjutnya
Halaman
1 2