Tetap Tolak Joe Biden, Pendukung Harap Trump Bikin Partai Baru

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 11:23 WIB
President Donald Trump and first lady Melania Trump walk to board Marine One on the South Lawn of the White House, Wednesday, Jan. 20, 2021, in Washington. Trump is en route to his Mar-a-Lago Florida Resort. (AP Photo/Alex Brandon)
Momen saat Trump dan istrinya, Melania, meninggalkan Gedung Putih (AP/Alex Brandon)
Washington DC -

Para pendukung mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, terus bersikeras menolak Joe Biden bahkan setelah dia resmi dilantik menjadi Presiden baru AS. Pendukung Trump masih meyakini ada kecurangan dalam pilpres AS 2020 yang dimenangkan oleh Biden.

Seperti dilansir AFP, Kamis (21/1/2021), salah satu pendukung Trump yang bernama Gia Maxson dari Hickory, North Carolina, menuturkan dirinya biasanya menonton pelantikan Presiden AS, namun memutuskan untuk tidak menonton pelantikan Biden pada Rabu (20/1) waktu setempat.

"Saya yakin itu tidak sepenuhnya sah, saya yakin mereka curang. Tidak mungkin Biden mendapatkan 80 juta suara," ucap Maxson merujuk pada tuduhan kecurangan pilpres yang selalu dilontarkan Trump.

Maxson yang berprofesi sebagai guru yoga ini meyakini Trump tidak akan pergi begitu saja. Dia bahkan berharap agar Trump membentuk partai baru di masa mendatang.

"Saya berharap partai baru bisa diluncurkan -- Partai Patriot. Itu akan menjadi skenario terbaik, mengakhiri sistem dua partai," cetusnya.

Doug McLinko, seorang perwakilan Partai Republik di Bradford County, Pennsylvania, yang mendukung Trump menyebut pemakzulan yang diloloskan DPR AS beberapa waktu lalu tidak sesuai dengan Konstitusi AS. Dia juga meyakini 'Trumpism' -- gerakan mendukung ideologi Trump -- akan tetap ada meski Trump tidak lagi menjabat.

"Saya pikir pemakzulan itu sama sekali inkonstitusional. Mereka tampaknya lupa bahwa 75 juta orang memilih dia (Trump-red)," ujar McLinko. "Populisme nasional lebih dari Donald Trump dan itu tidak akan ke mana-mana," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2