Biden Resmi Jadi Presiden AS, Macron Ucapkan Selamat

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 02:41 WIB
Emmanuel Macron: Presiden Prancis dinyatakan positif Covid-19, dan siapa pemimpin dunia lainnya yang sudah terpapar?
Presiden Prancis Emmanuel Macron (Foto: BBC World )
Jakarta -

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengucapkan selamat atas dilantiknya Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat. Melalui akun Twitternya, Macron menyambut Amerika Serikat kembali ke dalam Perjanjian Paris.

"Kita bersama. Kita akan lebih kuat menghadapi tantangan zaman kita. Lebih kuat untuk membangun masa depan kita. Lebih kuat untuk melindungi planet kita. Selamat datang kembali di Perjanjian Paris," kata Macron dilansir CNN, Rabu (20/1/2020).

Perjanjian Paris adalah sebuah perjanjian penting yang bertujuan untuk melindungi planet bumi dari dampak krisis iklim. Ia juga menyampaikan salam sukses kepada Bidan dan Kamala Haris.

"Salam sukses pada hari yang paling penting ini bagi rakyat Amerika," pesannya juga mengatakan.

Untuk diketahui, Presiden Biden akan menandatangani serangkaian tindakan eksekutif di Oval Office pada Rabu malam, termasuk bergabung kembali dengan Perjanjian Paris.

Dia akan menandatangani pemberitahuan yang akan dikirim ke Perserikatan Bangsa-Bangsa hari ini. Amerika Serikat secara resmi akan menjadi pihak dalam perjanjian tersebut dalam 30 hari.

Sebelumnya, Joe Biden resmi dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat. Pelantikan Biden digelar di West Front Gedung Capitol AS di Washington DC, dimulai pukul 11.30 waktu setempat.

Pembatasan sesuai protokol pandemi virus Corona (COVID-19) diberlakukan selama pelantikan berlangsung.

Biden diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung AS dan hakim agung John Roberts, sambil meletakkan tangannya di atas Alkitab berusia lebih dari 100 tahun milik keluarganya, yang dipegang oleh istrinya, Jill.

Sumber CBS News menyebut Alkitab itu juga digunakan saat Biden dilantik sebagai Wakil Presiden AS tahun 2009 dan 2013 lalu.

"Saya, Joseph Robinette Biden Jr, bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan secara setia menjalankan jabatan Presiden Amerika Serikat sesuai kemampuan terbaik saya, untuk mempertahankan konstitusi Amerika Serikat. Tuhan, tolong saya," ucap Biden saat mengucapkan sumpah jabatannya.

(ibh/rdp)