Resmi Dilantik Jadi Presiden AS, Biden Lakukan Tradisi Transfer Kekuasaan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 02:21 WIB
Pass in review adalah tradisi militer yang mencerminkan transfer kekuasaan secara damai kepada panglima tertinggi baru. (CNN)
Foto: Pass in review adalah tradisi militer yang mencerminkan transfer kekuasaan secara damai kepada panglima tertinggi baru. (CNN)
Washington DC - Presiden AS Joe Biden mulai melakukan kegiatan sesuai tradisi presiden AS sebelumnya. Biden melakukan tradisi transfer kekuasaan yang disebut pass in review.

Dilansir CNN, Kamis (21/1/2021) Presiden Joe Biden, ibu negara Jill Biden, Wakil Presiden Kamala Harris, dan suaminya Doug Emhoff berpartisipasi dalam peninjauan kembali di bagian depan timur Capitol bersama anggota militer.

Pass in review adalah tradisi militer yang mencerminkan transfer kekuasaan secara damai kepada panglima tertinggi baru. Biden yang dijamu Panglima Satgas Gabungan Wilayah Ibu Kota Nasional akan meninjau kesiapan pasukan militer.

Setiap cabang militer akan diwakili dalam acara ini.

"Pass in Reviews adalah tradisi militer lama yang mencerminkan pengalihan kekuasaan secara damai kepada Panglima Tertinggi yang baru, di mana Presiden terpilih, yang dijamu oleh Komandan Satuan Tugas Gabungan-Wilayah Ibu Kota Nasional, akan meninjau kesiapan pasukan tentara AS. Setiap cabang militer akan terwakili dalam acara ini," kata panitia pelantikan.

Peserta akan mempraktikkan jarak sosial dan akan ada "protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat," menurut panitia. (rdp/ibh)