Jelang Pelantikan Joe Biden, Presiden Jerman Merasa Sangat Lega

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 19:46 WIB
Presiden Jerman: Roh Jahat Nazi Kini Kembali dengan Jubah Baru
Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier ( Foto: DW News)
Berlin -

Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier mengungkapkan kelegaannya menjelang pelantikan Joe Biden untuk menggantikan Donald Trump sebagai Presiden AS. Steinmeier mengatakan bahwa pelantikan Biden merupakan 'hari baik untuk demokrasi.

"Saya sangat lega bahwa Joe Biden akan dilantik sebagai presiden hari ini dan pindah ke Gedung Putih," ujar Steinmer seperti dilansir dari AFP, Rabu (20/1/2021).

"Saya tahu perasaan lega ini juga dimiliki oleh banyak orang di Jerman," imbuhnya.

Steinmeier mengatakan lembaga-lembaga Amerika telah membuktikan kekuatan mereka dalam menghadapi "ujian besar" dan "permusuhan" selama masa jabatan Trump.

Dikatakannya, peralihan kekuasaan AS ke Biden membawa serta harapan bahwa komunitas internasional dapat bekerja sama lebih erat dan lebih baik di masa depan untuk memecahkan masalah-masalah besar saat ini.

"Jerman berharap bahwa AS bisa kembali di pihak kita sebagai mitra yang sangat diperlukan dalam menangani pandemi virus Corona, perubahan iklim, masalah keamanan, pengendalian dan pelucutan senjata, dan banyak konflik mendesak di seluruh dunia," katanya.

"Bahkan perbedaan pendapat" jangan sampai memisahkan kita, tetapi lebih mengarahkan kita untuk mencari solusi bersama," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2