3 Mantan Presiden AS Akan Hadiri Pelantikan Joe Biden

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 15:39 WIB
JERSEY CITY, NJ - SEPTEMBER 28: (L-R) Former U.S. Presidents Barack Obama, George W. Bush and Bill Clinton attend the trophy presentation prior to Thursday foursome matches of the Presidents Cup at Liberty National Golf Club on September 28, 2017 in Jersey City, New Jersey.   Rob Carr/Getty Images/AFP
Barack Obama, George W Bush dan Bill Clinton akan menghadiri pelantikan Joe Biden (dok. Rob Carr/Getty Images/AFP)
Washington DC -

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, akan dilantik secara resmi menjadi Presiden ke-46 AS pada Rabu (20/1) siang waktu setempat. Tiga mantan Presiden AS dipastikan akan menghadiri langsung pelantikan yang digelar tidak semeriah pelantikan sebelumnya karena pandemi virus Corona (COVID-19) ini.

Seperti dilansir CBS News, Rabu (20/1/2021), tiga mantan Presiden AS yang akan hadir adalah Bill Clinton, George W Bush dan Barack Obama.

Clinton diketahui merupakan Presiden ke-42 AS yang menjabat tahun 1993-2001, Bush merupakan Presiden ke-43 AS yang menjabat tahun 2001-2009, dan Obama merupakan Presiden ke-44 AS yang menjabat tahun 2009-2017.

Bush akan menjadi satu-satunya mantan Presiden AS dari Partai Republik yang menghadiri pelantikan Biden. Saat Biden diproyeksikan memenangkan pilpres AS 2020, Bush menjadi salah satu tokoh terkemuka Partai Republik yang mengucapkan selamat.

Presiden Donald Trump sendiri telah memastikan tidak akan menghadiri pelantikan Biden dan akan terbang meninggalkan Gedung Putih pada Rabu (20/1) pagi, sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

Namun Wakil Presiden AS, Mike Pence, dijadwalkan akan menghadiri pelantikan Biden. Pence akan hadir bersama istrinya, Karen.

Sementara itu, mantan Presiden AS, Jimmy Carter, dipastikan tidak akan menghadiri pelantikan Biden. Namun, Carter telah mengirimkan harapan terbaik untuk Biden dan Wakil Presiden terpilih AS, Kamala Harris, serta mengharapkan pemerintahan yang sukses untuk keduanya.

Dengan usia 96 tahun, Carter menjadi mantan presiden tertua yang masih hidup di AS. Carter merupakan penyintas kanker otak dan kanker liver, dia pernah dirawat di rumah sakit tahun 2019. Di tengah pandemi Corona, warga lanjut usia seperti Carter lebih rentan untuk tertular dibandingkan mereka yang lebih muda.

Simak video 'Pengamanan Ketat Jelang Pelantikan Joe Biden':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2