Di Akhir Jabatan, Trump Beri Grasi 73 Orang Termasuk Steve Bannon

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 14:18 WIB
Donald Trump dalam pesan video terbaru yang direkam di Ruang Oval Gedung Putih (The White House via CNN)
Presiden AS Donald Trump (Foto: The White House via CNN)
Washington -

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan grasi atau pengampunan pada 73 orang, hanya beberapa jam sebelum dia mengakhiri jabatannya. Mereka yang mendapat pengampunan termasuk mantan asisten Gedung Putih, Steve Bannon.

"Presiden Donald Trump memberikan pengampunan kepada 73 orang dan meringankan hukuman dari 70 orang lainnya," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Trump meninggalkan jabatannya pada hari ini, tepat ketika Joe Biden akan dilantik sebagai presiden AS selanjutnya. Biden, akan resmi dilantik pada Rabu (20/1) siang waktu setempat. Momen itu menandai berakhirnya masa jabatan Trump, yang dijadwalkan akan terbang meninggalkan Gedung Putih di Washington DC pada pagi hari, sebelum pelantikan digelar.

"Trump juga memberikan pengampunan bagi rapper Lil Wayne dan Kodak Black yang dituntut atas pelanggaran senjata federal, serta mantan Walikota Detroit Kwame Kilpatrick, yang menjalani hukuman penjara 28 tahun atas tuduhan korupsi," kata seorang pejabat senior pemerintahan seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (20/1/2021).

Bannon, penasihat utama dalam kampanye pemilihan presiden Trump tahun 2016, didakwa tahun lalu karena melakukan penipuan terhadap pendukung Trump akibat mengumpulkan dana swasta untuk membangun tembok perbatasan AS-Meksiko. Dalam dakwaannya, dia mengaku tidak bersalah.

Para pejabat Gedung Putih sebelumnya telah menyarankan Trump agar tidak mengampuni Bannon.

Bannon adalah sekutu politik terbaru yang menerima grasi dari Trump, yang sering menggunakan kekuasaan eksekutifnya untuk memberi penghargaan kepada loyalis dan menghukum musuh-musuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2