China Umumkan 1 Anggota Tim Pakar WHO Tak Boleh Masuk Wilayahnya

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 14:53 WIB
Selidiki Asal Usul Covid-19, Tim WHO Tiba di Wuhan
Tim pakar WHO yang telah tiba di Wuhan, China (Associated Press)
Beijing -

Otoritas China mengumumkan bahwa satu anggota tim pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang sempat tertahan di Singapura, akhirnya tidak diizinkan masuk ke wilayahnya. Satu anggota lainnya yang juga tertahan di Singapura, diperbolehkan masuk ke China.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (16/1/2021), tim pakar WHO yang beranggotakan 15 orang dijadwalkan tiba di Wuhan, China, pada Kamis (14/1) waktu setempat, untuk menyelidiki asal-usul virus Corona (COVID-19). Namun dua anggota di antaranya tertahan di Singapura setelah keduanya dinyatakan positif antibodi virus Corona.

Antibodi Corona diketahui akan terbentuk dalam tubuh jika ada paparan virus Corona. Jika antibodi terdeteksi di dalam tubuh seseorang, maka artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau terinfeksi virus Corona sebelumnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, mengumumkan bahwa setelah dilakukan tes kedua, satu orang diperbolehkan masuk ke China, sedangkan satu orang lainnya tidak diperbolehkan masuk ke wilayah China.

"Di antara 15 anggota kelompok pakar WHO, ada satu pakar dari Inggris dan satu pakar Sudan dari Qatar yang dinyatakan positif untuk antibodi serum IgM di bandara Singapura selama transit," terang Zhao dalam konferensi pers pada Jumat (15/1) waktu setempat..

Zhao menambahkan bahwa sang pakar Inggris dinyatakan negatif dalam tes kedua, namun pakar asal Qatar dinyatakan positif kembali untuk antibodi Corona.

"Kami telah sepakat bahwa pakar Inggris akan datang ke China, dan kami akan terus menjaga komunikasi dengan WHO mengenai hal-hal terkait dan melakukan upaya bersama untuk bekerja sama dalam melacak asal-usul virus," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2