Kebakaran Hancurkan Rumah Ribuan Pengungsi Rohingya di Bangladesh

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 16:28 WIB
Rohingya refugees search for their belongings after a fire broke out at Nayapara refugee camp in Teknaf on January 14, 2021. (Photo by - / AFP)
Situasi kamp pengungsi Rohingya di Bangldaesh usai dilanda kebakaran (AFP)
Dhaka -

Kebakaran besar menghanguskan kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh bagian selatan. Ratusan rumah yang menjadi tempat tinggal ribuan pengungsi Rohingya hancur akibat dilalap api.

Seperti dilansir CNN, Jumat (15/1/2021), Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) atau UNHCR menuturkan lebih dari 500 shelter -- rumah bagi sekitar 3.500 pengungsi -- hancur total atau sebagian akibat kebakaran pada Kamis (14/1) dini hari itu.

Sedikitnya 150 toko dan sebuah fasilitas milik sebuah LSM yang ada di kompleks yang sama juga hancur akibat dilalap api.

Foto-foto dan video yang diterima Reuters dari seorang pengungsi Rohingya di kamp Nayapara menunjukkan keluarga-keluarga menyisir puing-puing kebakaran. Hanya sedikit yang tersisa di kamp yang sudah berdiri selama beberapa dekade ini.

"Semua orang menangis," tutur seorang pengungsi yang bernama Mohammed Arakani. "Mereka kehilangan semua harta benda mereka. Mereka kehilangan semuanya, sepenuhnya hangus terbakar, mereka kehilangan semua barang mereka," imbuhnya.

UNHCR menyatakan pihaknya menyediakan tempat penampungan, material, pakaian musim dingin, makanan hangat dan layanan medis untuk para pengungsi Rohingya yang kehilangan shelter mereka di distrik Cox's Bazar.

Tidak ada laporan korban jiwa akibat kebakaran ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2